Italia dan Brasil, Dua Negara Juara Piala Dunia Beruntun

Arby Rahmat | CNN Indonesia
Selasa, 12 Jun 2018 15:19 WIB
Dari delapan negara yang berhasil menjadi juara dunia, hanya ada dua negara yang pernah menjuarai Piala Dunia secara beruntun yakni Italia dan Brasil. Presiden FIFA Stanley Rouss menyerahkan trofi Jules Rimet kepada kapten timnas Brasil, Mauro, setelah final Piala Dunia 1962. (AFP PHOTO)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dari delapan negara yang berhasil menjadi juara dunia, hanya ada dua negara yang pernah menjuarai Piala Dunia secara beruntun yakni Italia dan Brasil.

Timnas Italia pertama kali juara Piala Dunia pada 1934. Dalam Piala Dunia edisi kedua tersebut, tim tuan rumah asuhan Vittorio Pozzo mengalahkan timnas Cekoslowakia.

Gli Azzurri mempertahankan gelar mereka pada edisi berikutnya. Timnas Italia kembali menuai sukses dan menumbangkan Hungaria dengan skor 4-2 dalam final Piala Dunia 1938.


Prestasi Italia meraih dua gelar juara dunia secara beruntun kelak disamakan Brasil.

Timnas Italia bertemu timnas Hungaria di final Piala Dunia 1938,Timnas Italia bertemu timnas Hungaria di final Piala Dunia 1938. (AFP PHOTO / STAFF)
Timnas Brasil meraih gelar pertama di pentas Piala Dunia pada 1958. Ketika itu, Swedia menjadi tuan rumah ajang edisi keenam tersebut. Di partai final Selecao menang atas tuan rumah dengan skor 5-2.

Tim Samba kemudian meraih gelar kedua pada Piala Dunia 1962 setelah mengalahkan Cekoslowakia 3-1.

Italia dan Brasil, 2 Negara Juara Piala Dunia Beruntun
Setelah itu tidak ada lagi negara yang dapat mempertahankan gelar Piala Dunia atau meraih gelar juara dunia secara beruntun.

Hingga kini Brasil menjadi tim dengan koleksi gelar Piala Dunia terbanyak. Selain menjuarai Piala Dunia 1958 dan 1962, negara Amerika Selatan itu memboyong gelar Piala Dunia 1970, 1994, dan 2002.

Sementara Italia menambah dua gelar setelah keberhasilan di tahun 1930-an, yakni pada 1982 dan 2006.

Brasil dan Italia pun bertemu dua kali dalam partai final Piala Dunia. Dua pertemuan berakhir dengan kemenangan Brasil. Pada tahun 1970, anak asuh Mario Zagallo menang 4-1 atas Giacinto Facchetti dan kawan-kawan. Pada 1994 giliran generasi Romario Faria yang menumbangkan anak asuh Arrigo Sacchi. (nva/bac)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER