Prediksi Juara Grup G Piala Dunia 2018

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Kamis, 14/06/2018 09:27 WIB
Prediksi Juara Grup G Piala Dunia 2018 Timnas Belgia jadi kandidat terkuat juara grup G Piala Dunia 2018. (REUTERS/Eric Vidal)
Jakarta, CNN Indonesia -- Grup G Piala Dunia 2018 berisikan Belgia, Panama, Tunisia, dan Inggris. Berikut prediksi juara grup G Piala Dunia 2018.

Timnas Belgia dan timnas Inggris tanpa diragukan lagi bakal jadi calon kuat penyandang status juara grup G di akhir babak penyisihan sedangkan Tunisia dan Panama akan mengintip peluang untuk membuat kejutan.

Belgia saat ini merupakan salah satu tim dengan materi pemain penuh kualitas. Mereka layak dimasukkan sebagai tim kandidat juara. Kekurangan mereka hanyalah mereka belum punya tradisi bagus di Piala Dunia.


Timnas Belgia punya banyak pemain yang masuk kategori pemain bintang di Piala Dunia 2018.Timnas Belgia punya banyak pemain yang masuk kategori pemain bintang di Piala Dunia 2018. (Foto: REUTERS/Francois Lenoir)
Namun ketiadaan tradisi sebagai juara Piala Dunia tentu tak akan banyak berpengaruh pada mental bertanding Eden Hazard dan kawan-kawan. Hal itu justru jadi motivasi tambahan untuk mencatatkan nama Belgia dalam daftar pemenang Piala Dunia.

Belgia saat ini punya sejumlah pemain tenar, mulai dari Eden Hazard, Kevin De Bruyne, Romelu Lukaku, Vincent Kompany, Thomas Vermaelen, Dries Mertens, dan lainnya. Singkat kata, komposisi pemain timnas Belgia akan berisikan nama-nama yang sudah familiar.

Timnas Inggris termasuk tim dengan rataan usia pemain termuda di Piala Dunia 2018.Timnas Inggris termasuk tim dengan rataan usia pemain termuda di Piala Dunia 2018. (Foto: REUTERS/David Klein)
Timnas Inggris saat ini merupakan generasi baru. Skuat 'Three Lions' jadi salah satu tim dengan rataan pemain termuda di Piala Dunia 2018. Hanya ada dua pemain yang berusia di atas 30 tahun yaitu Jamie Vardy dan Gary Cahill.

Selebihnya, skuat Gareth Southgate akan mengandalkan barisan pemain-pemain muda. Raheem Sterling, Harry Kane, dan Dele Alli adalah nama-nama yang bisa membuat kejutan bersama Inggris.

Kekurangan timnas Inggris adalah mereka minim pemain bertipe pemimpin seperti halnya saat mereka punya Steven Gerrard atau Frank Lampard. Kini, sosok pemain senior seperti Gary Cahill atau Kane yang kini mengemban ban kapten diharapkan bisa jadi pemimpin di lapangan.

Timnas Panama akan menjalani debut di Piala Dunia 2018.Timnas Panama akan menjalani debut di Piala Dunia 2018. (Foto: REUTERS/Carlos Lemos)
Sebelum duel Belgia lawan Inggris, kedua tim akan lebih dulu menghadapi Panama dan Tunisia. Panama adalah kontestan debutan dan mereka bakal berupaya keras pulang dengan raihan poin di tangan.

Tunisia punya kualitas yang lebih bagus dari Panama, namun tetap tak bisa memberikan kejutan bagi Belgia dan Inggris. Tunisia dan Panama juga tak berada dalam kondisi kepercayaan diri yang bagus karena hasil uji coba mereka kurang memuaskan.

Dengan masing-masing mengantongi enam poin hasil kemenangan dari Panama dan Tunisia, maka laga terakhir antara Belgia lawan Inggris bakal jadi duel hidup-mati penentuan juara grup. Tim yang lebih produktif dari dua laga awal nantinya akan diuntungkan karena mereka bisa merebut status juara grup dengan berbekal hasil seri di laga terakhir.

Tunisia bakal coba memberikan kejutan di grup G Piala Dunia 2018.Tunisia bakal coba memberikan kejutan di grup G Piala Dunia 2018. (Foto: REUTERS/Denis Balibouse)
Melihat materi pemain yang dimiliki, untuk kali ini Belgia rasanya lebih layak diunggulkan dibandingkan Inggris. Pemain-pemain Belgia macam De Bruyne dan Hazard adalah bintang utama di Liga Inggris. Ada 11 pemain Belgia yang berlaga di Inggris dan hal itu bakal jadi keuntungan untuk Belgia.

Prediksi Juara Grup G Piala Dunia 2018
Belgia akan berhasil menyisihkan Inggris dalam perebutan status juara grup G, dan Inggris akan melenggang ke babak 16 besar dengan status sebagai runner up. (har)