Prediksi Rusia vs Arab Saudi di Grup A Piala Dunia 2018

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Rabu, 13/06/2018 20:25 WIB
Prediksi Rusia vs Arab Saudi di Grup A Piala Dunia 2018 Timnas Rusia diprediksi bisa mengalahkan Arab Saudi di laga pembuka Piala Dunia 2018. (AFP PHOTO / Kirill KUDRYAVTSEV)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pertandingan antara timnas Rusia vs Arab Saudi di Stadion Luzhniki, Jumat (14/6), akan menjadi pembuka Piala Dunia 2018. Berikut prediksi CNNIndonesia.com mengenai pertandingan tersebut.

Sebagai tuan rumah Rusia memiliki motvitas yang sangat besar untuk pertandingan nanti. Berlaga di depan puluhan ribu pendukungnya Rusia tidak ingin dipermalukan oleh Arab Saudi.

Kendati demikian, bukan tidak mungkin keuntungan-keuntungan itu memberikan beban kepada tim berjuluk Sbornaya tersebut. Jika Rusia lengah, Arab Saudi bisa memanfaatkannya untuk meraih kemenangan perdana di Piala Dunia 2018.


Berikut prediksi pertandingan Rusia vs Arab Saudi menurut tim olahraga CNNIndonesia.com:

Rusia Menang Tipis Atas Arab Saudi (Haryanto Tri Wibowo)

Timnas Rusia meraih hasil buruk dalam beberapa laga uji coba terakhir.Timnas Rusia meraih hasil buruk dalam beberapa laga uji coba terakhir. (REUTERS/Grigory Dukor)
Status tuan rumah cukup menguntungkan Rusia saat menjalani laga pertama Piala Dunia 2018 melawan Arab Saudi. Puluhan ribu suporter tuan rumah akan membuat Igor Akinfeev dan kawan-kawan tampil penuh semangat di laga pembuka.

Bukan tugas mudah bagi Rusia untuk bisa mengalahkan Arab Saudi. Tim sekelas Italia dan Jerman harus bekerja keras untuk bisa meraih kemenangan tipis 2-1 dalam uji coba jelang Piala Dunia 2018. Rusia dan Arab Saudi belum pernah bertemu sebelumnya di pertandingan internasional. Kondisi itu membuat Arab Saudi masih tetap berpeluang meraih kemenangan di laga pembuka.

Rusia harus bisa mematikan pergerakan penyerang Arab Saudi Mohammad Al-Sahlawi yang mencetak 16 gol di babak kualifikasi. Jika hal itu bisa dilakukan, maka peluang Rusia untuk meraih kemenangan di laga pertama cukup besar. Kemenangan juga dibutuhkan Rusia karena akan melawan dua tim yang lebih kuat di Grup A usai laga menghadapi Arab Saudi: Mesir dan Uruguay.

Rusia Imbang Lawan Arab Saudi (Putra Permata Tegar Idaman)

Mohammed Al-Sahlawi jadi salah satu kunci kekuatan Arab Saudi.Mohammed Al-Sahlawi jadi salah satu kunci kekuatan Arab Saudi. (AFP PHOTO / STR)
Sebagai tuan rumah, timnas Rusia berada dalam kondisi mengkhawatirkan jelang laga pembuka Piala Dunia 2018 lawan Arab Saudi lantaran performa mereka tak bagus dalam sejumlah laga uji coba menghadapi Piala Dunia 2018. Rusia gagal menang dalam tujuh uji coba terakhir yang mereka jalani. Selain kalah dari tim ternama macam Argentina, Brasil, dan Prancis, Rusia juga gagal menang lawan Turki dan Austria.

Memainkan laga pembuka di hadapan suporter, hal itu bisa berbuah jadi dua hal. Bila Alan Dzagoev dan kawan-kawan tak mampu tampil tenang, kehadiran suporter justru bisa menghadirkan beban berat untuk mereka dalam laga lawan Arab Saudi.

Arab Saudi tidak bisa diremehkan begitu saja. Arab Saudi hanya kalah tipis dari Italia dan Jerman dalam dua duel terakhir beberapa pekan lalu. Beban mereka juga tak akan sebesar Rusia dalam menghadapi laga pembuka nanti. Duel ini akan berakhir dengan skor imbang 1-1.

Imbang di Laga Pembuka (Nova Arifianto)

Dukungan suporter tuan rumah bisa menjadi beban bagi Rusia saat melawan Arab Saudi.Dukungan suporter tuan rumah bisa menjadi beban bagi Rusia saat melawan Arab Saudi. (REUTERS/Yves Herman)
Daya tarik partai pembuka Piala Dunia 2018 yang mempertemukan Rusia dan Arab Saudi tidak terletak pada dua negara yang akan bertanding, namun ada pada momen sebagai laga pertama sebuah pesta sepak bola dunia.

Rusia yang berpredikat sebagai tuan rumah memiliki rekam jejak yang buruk dalam rentetan laga terakhir, permasalahan luar lapangan antara pemain dan pelatih menambah kacau suasana tim.

Arab Saudi yang tidak terlalu mencolok di persaingan pentas dunia akan mencoba menembus fase gugur berbekal permainan menyerang yang diusung pelatih Juan Antonio Pizzi.

Semoga hasrat kedua negara memburu kemenangan membuat pertandingan tidak berjalan membosankan. Pertandingan nanti diprediksi akan berakhir imbang.

Rusia Kalahkan Arab Saudi (Ahmad Bachrain)

Prediksi Rusia vs Arab Saudi di Piala Dunia 2018Rusia perlu memanfaatkan kelemahan Arab Saudi dalam bertahan untuk memenangi pertandingan. (REUTERS/Leonhard Foeger)
Timnas Rusia sebagai tuan rumah bakal lebih diunggulkan ketimbang Arab Saudi. Dukungan para pendukung fanatik Rusia bakal memberikan 'teror' terhadap para pemain skuat arahan Juan Antonio Pizzi pada laga perdana Piala Dunia 2018.

Di satu sisi, Arab Saudi juga tentu tak akan memberikan kemudahan bagi para pemain Rusia untuk membobol gawang mereka. Tim dari Timur Tengah itu bakal berjuang keras untuk mengimbangi permainan Rusia. Meski demikian, Rusia tampaknya tak terbendung untuk meraih kemenangan pertama.

Rusia bakal memanfaatkan kelemahan lawannya itu dalam hal koordinasi bertahan. Tuan rumah diprediksi akan meraih kemenangan 2-0 atas Arab Saudi, setelah pada laga babak pertama tanpa gol.

Arab Saudi Permalukan Tuan Rumah Rusia (Surya Sumirat)

Timnas Arab Saudi akan memberikan kejutan kepada Rusia.Timnas Arab Saudi akan memberikan kejutan kepada Rusia. (REUTERS/Anton Vaganov)
Timnas Arab Saudi akan mempermalukan tuan rumah Rusia sekaligus meraih tiga poin pertama setelah menang tipis 2-1 di laga pembuka Piala Dunia 2018. Secara kekuatan dan kualitas, baik Arab Saudi dan Rusia memiliki materi yang seimbang. Hanya saja, pengalaman yang lebih baik membuat Arab Saudi layak untuk lebih diunggulkan dalam pertandingan kali ini.

Piala Dunia kali ini merupakan yang pertama bagi Arab Saudi setelah kali terakhir berpartisipasi pada 2006. Sebelumnya Arab Saudi selalu lolos ke Piala Dunia secara beruntun sejak edisi 1994 sampai 2006. Kembali tampil di Piala Dunia membuat Arab Saudi ingin membuktikan kualitas mereka. Melawan tuan rumah di laga perdana menjadi momen tepat bagi Arab Saudi untuk unjuk gigi.

Prediksi Rusia vs Arab Saudi di Piala Dunia 2018
Peringkat FIFA Arab Saudi (67) yang berada di atas Rusia (70) menjadi salah satu keunggulan tim tamu. Kendati bermain di hadapan suporter tuan rumah, rasanya skuat Arab Saudi tidak akan gentar dan tetap bisa memberikan perlawanan dengan mengandalkan kecepatan yang mereka miliki.

Tuah Tuan Rumah Rusia (Jun Mahares)

Laga pembuka Piala Dunia antara Rusia vs Arab Saudi terbilang berimbang. Malah Arab Saudi punya catatan lebih apik dalam lima laga uji coba terakhir.

Mohammed Al-Sahlawi dan kawan-kawan masih mampu meraih dua kemenangan meski kalah tipis 1-2 dari Jerman di pertandingan uji coba terakhir. Sementara Rusia tak mampu meraih kemenangan dari lima laga terakhir.

Kendati demikian Rusia tetap diunggulkan di laga ini. Status sebagai tuan rumah sering kali punya pengaruh besar. Fedor Smolov dan kawan-kawan bepeluang menang 2-1 pada laga ini demi menjaga asa lolos ke babak 16 besar. (sry/bac)