Duel Kunci Rusia vs Arab Saudi di Piala Dunia 2018

Jun Mahares, CNN Indonesia | Rabu, 13/06/2018 13:24 WIB
Duel Kunci Rusia vs Arab Saudi di Piala Dunia 2018 Kiper Rusia Igor Akinfeev akan menjadi andalan timnya saat menghadapi Arab Saudi. (REUTERS/Christian Hartmann)
Jakarta, CNN Indonesia -- Duel antara Rusia vs Arab Saudi bakal jadi pembuka Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Kamis (14/6). Kedua tim punya sederet pemain kunci yang bisa jadi pembeda di lapangan.

Masing-masing penggawa kedua tim memang tak terdaftar dalam jajaran pemain top dunia. Namun, mereka punya pemain potensi untuk bersinar di ajang empat tahunan ini.

Berikut duel pemain kunci Rusia dan Arab Saudi:


1. Igor Akinfeev (Kiper Rusia)

 Igor Akinfeev telah membela timnas Rusia sejak usia 18 tahun.Igor Akinfeev telah membela timnas Rusia sejak usia 18 tahun. (Reuters / John Sibley)
Kiper berusia 32 tahun ini sudah memulai debutnya bersama timnas senior Rusia sejak berumur 18 tahun. Ia telah mencicipi tujuh turnamen besar bersama Rusia termasuk tiga edisi Piala Eropa dan Piala Dunia 2014.

2. Sergey Ignashevich (Bek Rusia)

Menjadi pemain tertua (38 tahun, 335 hari) di timnas Rusia yang tampil di Piala Dunia. Ia juga tercatat sebagai pemegang caps terbanyak di sepanjang masa dengan catatan 122 penampilan.

3. Artem Dzyuba (Striker Rusia)

Duel Kunci Rusia vs Arab Saudi di Piala Dunia 2018
Striker berusia 28 tahun yang sukses mengemas delapan gol dalam 12 laga internasional di semua ajang. Ia menjadi andalan Rusia untuk menjebol gawang lawan di Piala Dunia 2018.

4. Fedor Smolov (Striker Rusia)

Fedor Smolov berpotensi bersinar di Piala Dunia 2018.Fedor Smolov (kanan) berpotensi bersinar di Piala Dunia 2018. (REUTERS/Maxim Shemetov)
Smolov juga digadang bakal jadi pemain yang akan bersinar di Piala Dunia 2018. Striker 28 tahun itu sukses meraih pencetak gol terbanyak kedua di Liga Primer Rusia dengan torehan 14 gol bersama Krasnodar. Ia juga sudah mengoleksi 12 gol di ajang internasional bersama Rusia.

5. Yaser Al Mosailem (Kiper Arab Saudi)

Punya catatan gemilang di bawah mistar gawang Arab Saudi dengan catatan empat clean sheet dari tujuh laga di kualifikasi Piala Dunia 2018. Catatan yang cukup mengesankan untuk menghadapi gempuran penyerang Rusia.

6. Taiseer Al Jassam (Gelandang Arab Saudi)

Taiseer Al Jassam masuk daftar pemain terbaik Arab Saudi dalam satu dekade terakhir.Taiseer Al Jassam masuk daftar pemain terbaik Arab Saudi dalam satu dekade terakhir. (REUTERS/Arnd Wiegmann)
Gelandang 33 tahun ini masuk dalam daftar pemain terbaik yang dimiliki Arab Saudi selama satu dekade terakhir. Selalu tampil di tim utama Arab Saudi dalam 18 pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 dengan torehan enam gol.

7. Fahad Al Muwallad (Winger Arab Saudi)

Salah satu pemain muda potensial Arab Saudi yang patut disegani. Pemain sayap 23 tahun itu menjadi bintang kemenangan The Green Falcons ke gawang Jepang dengan skor 1-0 sebagai syarat untuk lolos ke putaran Piala Dunia 2018. Pemain pinjaman Levante tersebut kerap mencetak gol setiap 110 menit di babak kualifikasi.

8. Mohammad Al-Sahlawi (Striker Arab Saudi)

Mohammad Al-Sahlawi ujung tombak Arab Saudi di Piala Dunia 2018..Mohammad Al-Sahlawi ujung tombak Arab Saudi di Piala Dunia 2018. (AFP PHOTO/LEON KUEGELER)
Mohammad Al-Sahlawi adalah striker sarat pengalaman yang dimiliki Arab Saudi. Striker 31 tahun tersebut tampil menawan di babak kualifikasi Piala Dunia dengan torehan 16 gol dan pernah dinobatkan sebagai pemain terbaik Liga Arab Saudi pada musim 2013/14 dan 2014/15. (sry)