Lima Kartu Merah Kontroversial di Piala Dunia

CNNIndonesia.com, CNN Indonesia | Kamis, 14/06/2018 15:24 WIB
Lima Kartu Merah Kontroversial di Piala Dunia Lima kartu merah paling kontroversial di Piala Dunia. (Thinkstock/Snowflock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebagai hajatan sepak bola terakbar di dunia, Piala Dunia kerap menghadirkan momentum kontroversial. Salah satunya momen pemberian kartu merah kepada pemain.

Sejak kali pertama sanksi kartu merah diperkenalkan di Piala Dunia 1970, banyak pemain yang telah dikeluarkan oleh wasit akibat ulahnya di lapangan.

Berikut lima kartu merah paling kontroversial di Piala Dunia:


1. Rudi Voeller dan Frank Rijkaard (Belanda vs Jerman Barat, perdelapan final Piala Dunia 1990)

Frank Rijkaard tak kuasa menahan emosi kepada Rudi Voeller.Frank Rijkaard tak kuasa menahan emosi kepada Rudi Voeller. (AFP PHOTO/MARWAN NAAMANI)
Penyerang Jerman Rudi Voeller dan gelandang Belanda Frank Rijkaard terlibat cekcok pada laga perdelapan final Piala Dunia 1990. Rijkaard yang emosional meludahi Voeller setelah terlibat duel di area kotak penalti. Kedua pemain mendapatkan kartu merah oleh wasit. Namun, Jerman Barat sukses memenangkan pertandingan dengan skor 2-1.

2. David Beckham (Inggris vs Argentina, perdelapan final Piala Dunia 1998)

David Beckham pernah terlibat cekcok dengan Diego Simeone.David Beckham pernah terlibat cekcok dengan Diego Simeone. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Wasit memberikan kartu merah terhadap pemain Inggris David Beckham pada perdelapan final Inggris melawan Argentina. Beckham dikeluarkan di menit ke-47 setelah menendang kapten Argentina, Diego Simeone. Laga ini dimenangkan Argentina lewat drama adu penalti dengan skor 4-3.

3. Wayne Rooney (Inggris vs Portugal, perempat final Piala Dunia 2006)

Wayne Rooney bertikai dengan Cristiano Ronaldo.Wayne Rooney bertikai dengan Cristiano Ronaldo. (REUTERS/Carl Recine)
Striker Inggris, Wayne Rooney pernah terlibat keributan dengan bintang Portugal, Cristiano Ronaldo. Semula, Rooney terlibat duel dengan Ricardo Carvalho. Ronaldo berlari untuk memprotes Rooney dan memicu cekcok antarpemain lainnya.

Lima Kartu Merah Kontroversial di Piala Dunia
Ronney yang tak mampu menahan emosi langsung mendorong Ronaldo. Mantan striker Manchester United itu pun akhirnya diusir wasit. Derita Rooney berlanjut setelah Inggris kalah adu penalti 1-3 dari Portugal.

4. Zinedine Zidane (Italia vs Perancis, final Piala Dunia 2006)

Zinedine Zidane pernah menanduk Marco Materazzi.Zinedine Zidane pernah menanduk Marco Materazzi. (AFP PHOTO/GERARD JULIEN)
Gelandang tim nasional Prancis Zinedine Zidane mendapat kartu merah di final Piala Dunia 2006 melawan Italia. Merasa diprovokasi, ia menanduk Marco Materazzi hingga terjatuh. Insiden membuat Zidane menerima kartu merah untuk kali kedua setelah sebelumnya terjadi di Piala Dunia 1998.

5. Luis Suarez (Uruguay vs Ghana, perempat final Piala Dunia 2010)

Luis Suarez kerap terlibat insiden kontroversial di Piala Dunia.Luis Suarez kerap terlibat insiden kontroversial di Piala Dunia. (AFP PHOTO/Miguel Rojo)
Luis Suarez mendapatkan kartu merah di pertandingan melawan Ghana pada perempat final Piala Dunia 2010. Di menit 120, Suarez dengan sengaja menghalau bola yang hampir masuk ke gawang Uruguay dengan tangannya. Beruntung, penalti Asamoah Gyan gagal. Uruguay menang 4-2 lewat adu penalti.

(cup/jun)