Warga India Bolos Kerja dan Sekolah Demi Piala Dunia 2018

Surya Sumirat, CNN Indonesia | Kamis, 14/06/2018 19:05 WIB
Warga India Bolos Kerja dan Sekolah Demi Piala Dunia 2018 Gambar Lionel Messi dan trofi Piala Dunia menghiasi Kota Kolkata, India. (REUTERS/Rupak De Chowdhuri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebagian masyarakat India akan meninggalkan pekerjaan dan sekolah mereka demi bisa menyaksikan Piala Dunia 2018 di Rusia yang dimulai Kamis (14/6).

India merupakan negara untuk olahraga kriket. Namun dikutip dari Quartz.com, mereka juga tidak ingin melewatkan Piala Dunia yang digelar empat tahun sekali begitu saja.

Sebanyak 85 persen masyarakat India yang disurvei perusahaan riset Ipsos yang bermarkas di Paris pada 11 Juni mengaku menonton sepak bola. Dengan 31 persen di antaranya mengaku pecinta sepak bola. Survei itu melibatkan sekitar 500 orang berusia 16-64 tahun.


Jelang dimulainya Piala Dunia 2018 penggemar sepak bola seperti di Kerala yang terletak di bagian selatan dan di Bengal Barat siap meramaikan turnamen tersebut.

Warga-warga di sana mengecat rumah dan kendaraan dengan warna tim favorit. Demam sepak bola benar-benar melanda wilayah-wilayah itu.

Ilustrasi pekerja di India akan bolos kerja demi bisa menyaksikan Piala Dunia 2018.Ilustrasi pekerja di India akan bolos kerja demi bisa menyaksikan Piala Dunia 2018. (REUTERS/Rupak De Chowdhuri)
Penggemar sepak bola di India telah mengatur jadwal mereka sesuai dengan pelaksanaan Piala Dunia 2018 yang berjalan satu bulan penuh.

Setelah mengajukan permohonan cuti, memilih azimat keberuntungan, mereka juga mengatur jadwal dengan keluarga serta teman-teman untuk bisa menyaksikan Piala Dunia 2018.

Orang-orang di India lebih antusias daripada di wilayah lain. Sebanyak lima dari 10 atau 51 persen orang India mengatakan akan bolos bekerja dan sekolah demi menonton Piala Dunia. Catatan itu merupakan yang tertinggi secara global.

Sementara lebih dari 60 persen menyatakan menyukai produk-produk bertema Piala Dunia. Hanya warga China dan Malaysia yang lebih unggul dari India dalam aspek tersebut.

Besarnya antusias warga India itu membuat mereka percaya takhayul. Karena itu, enam dari 10 orang (63 persen) yang disurvei mengatakan telah menyimpan azimat keberuntungan untuk pertandingan nanti.

Meski India tidak berpartisipasi di Rusia nanti, tetapi masyarakat India sudah memiliki 'jagoan' di Piala Dunia 2018. Brasil menjadi yang paling banyak diunggulkan untuk memenangi turnamen tahun ini dengan 22 persen, disusul Argentina 14 persen, dan Jerman dengan 13 persen untuk urutan tiga besar. (bac)