Lothar Matthaeus, Pemain Paling Sering Tampil di Piala Dunia

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 14/06/2018 18:35 WIB
Lothar Matthaeus, Pemain Paling Sering Tampil di Piala Dunia Lothar Matthaeus tercatat sebagai pemain yang paling sering tampil di Piala Dunia 2018. (REUTERS/Maxim Shemetov)
Jakarta, CNN Indonesia -- Piala Dunia merupakan panggung yang diimpikan setiap pemain sepak bola di seluruh dunia. Bermain di Piala Dunia menjadi salah satu titik puncak sebuah karier pesepakbola yang tentu dapat dibanggakan.

Maka tidak heran, setiap pemain berlomba-lomba menampilkan penampilan terbaik agar dipanggil negara untuk tampil di Piala Dunia.

Tidak terkecuali bagi Lothar Matthaeus, gelandang tim nasional Jerman Barat. Ia telah sukses tampil di lima edisi Piala Dunia secara berturut-turut sejak tahun 1982 hingga 1998. Pencapaian itu membuatnya sebagai pemain dengan penampilan terbanyak di edisi Piala Dunia sepanjang sejarah.


Pertandingan Jerman Barat melawan Chile pada Piala Dunia 1982 menjadi debutnya di turnamen empat tahunan tersebut. Ia bermain dari bangku cadangan menggantikan Paul Breitner di menit ke-61. Setelah pertandingan itu, Matthaeus lebih sering duduk di bangku cadangan.

Lothar Matthaeus, Pemain Paling Sering Tampil di Piala DuniaLothar Matthaeus (kiri) saat membawa timnas Jerman Barat Piala Dunia 2018. (AFP PHOTO / STAFF)
Matthaeus baru mulai diturunkan secara reguler pada Piala Dunia 1986. Ia mencetak gol pertamanya untuk Jerman di Piala Dunia pada pertandingan perdelapan final melawan Maroko.

Dari keseluruhan lima edisi Piala Dunia tersebut, Matthaeus telah bermain sebanyak tiga pertandingan dan mencetak 10 gol.

Kesuksesan Jerman menjuarai Piala Dunia 1990 menjadi puncak kesuksesan Matthaeus bersama Der Panzer. Ia mencetak satu gol penting saat Jerman Barat mengalahkan Cekoslovakia 1-0 di babak perempat final. Di tahun yang sama, ia meraih penghargaan Baloon d'Or pada tahun 1990

Di empat edisi Piala Dunia lainnya, Matthaeus membantu Jerman meraih hasil dua kali runner up (1982 dan 1986) dan dua kali perempat final (1994 dan 1998).

Lothar Matthaeus, Pemain Paling Sering Tampil di Piala Dunia
Borrusia Monchengladbach, Bayern Munich, dan Inter Milan adalah klub yang dibela Matthaeus dalam rentang 1979 hingga 2000.

Usai pensiun sebagai pemain pada tahun 2000, Matthaeus sempat menjadi melatih beberapa klub di Jerman dan sempat menangani timnas Hungaria dan Bulgaria.

Rekor penampilan terbanyak di Piala Dunia Matthaeus menyamai rekor yang diciptakan kiper Meksiko, Antonio Carbajal yang juga telah sebanyak lima kali tampil di Piala Dunia, yakni sejak tahun 1950 hingga 1966.

Dari sisi jumlah pertandingan, Matthaeus unggul empat pertandingan dibandingkan Carbajal yang mencatatkan 32 pertandingan selama keikutsertaannya di Piala Dunia. (cup/bac)