Klasemen Sementara Grup D Piala Dunia 2018

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Sabtu, 23/06/2018 10:22 WIB
Klasemen Sementara Grup D Piala Dunia 2018 Luka Modric memimpin Kroasia menjadi pemimpin Grup D Piala Dunia 2018. (REUTERS/Ivan Alvarado)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kemenangan timnas Nigeria atas Islandia menambah sengit persaingan Grup D Piala Dunia 2018Argentina yang berstatus unggulan utama justru berada di posisi juru kunci.

Kroasia yang meraih kemenangan atas Argentina menempati peringkat pertama. Tim berjuluk Vatreni ini mengumpulkan enam poin dari dua kemenangan.

Sebelum menjungkalkan tim Tango dengan skor meyakinkan, Kroasia menang 2-0 atas Nigeria. Secara total, Luka Modric dan kawan-kawan mencetak lima gol tanpa pernah kebobolan.


Keberhasilan Nigeria bangkit usai kekalahan di laga pertama membuat anak asuh Gernot Rohr menempati peringkat kedua. Sekali menang dan sekali kalah dengan dua gol dan dua kali kebobolan membuat Nigeria berada di atas Islandia dan Argentina.
Argentina kehilangan lima poin dalam dua pertandingan fase grup Piala Dunia 2018.Argentina kehilangan lima poin dalam dua pertandingan fase grup Piala Dunia 2018. (REUTERS/Murad Sezer)
Islandia, debutan di Piala Dunia 2018, berada di peringkat ketiga meski hanya meraih satu poin sama seperti Argentina. Hanya selisih gol yang membuat Islandia unggul atas runner-up Piala Dunia 2014.

Dari dua pertandingan, Islandia mencetak satu gol dan kebobolan tiga kali. Sementara Argentina baru mengoleksi satu gol dan empat kali dibobol lawan.
Baru Kroasia yang memastikan tiket ke perdelapan final, sementara tiga negara lain masih berpeluang melaju ke babak 16 besar dan akan berebut satu tiket tersisa.

Dalam laga terakhir, Kroasia akan menghadapi Islandia. Tim berjuluk Strakkanir Okkar itu dituntut menang untuk memastikan laju mereka ke fase gugur. Sedangkan Kroasia sekadar butuh poin untuk menentukan posisi juara grup.
Pertandingan hidup mati akan dilakukan Nigeria dan Argentina. Dua negara yang telah empat kali bertemu di fase grup Piala Dunia itu saling membutuhkan tiga poin untuk lulus dari Grup D.

Klasemen Sementara Grup D Piala Dunia 2018

Negara Menang Seri Kalah SelisihGol Poin
1. Kroasia 2 0 0 5  6
2. Nigeria 1 0 1 0 3
3. Islandia 0 1 1 -2 1
4. Argentina 0 1 1 -3 1

(arh)