Masuk Jalur Persaingan Top Skor, Neymar Disebut Bukan Mesin

Arif Hulwan Muzayyin, CNN Indonesia | Sabtu, 23/06/2018 12:41 WIB
Masuk Jalur Persaingan Top Skor, Neymar Disebut Bukan Mesin Neymar Jr, usai pertandingan melawan Kosta Rika, di Saint Petersburg, Rusia, 22 Juni. (REUTERS/Lee Smith)
Jakarta, CNN Indonesia -- Satu gol yang disarangkan bintang Brasil Neymar da Silva Santos Júnior (26) ke gawang Kosta Rika, pada pertandingan di Stadion Saint Petersburg, Jumat (22/6), membuatnya mulai masuk jajaran pencetak gol di Piala Dunia 2018.

Hingga separuh perjalanan matchday 2 fase grup Piala Dunia 2018, pemain timnas Portugal Cristiano Ronaldo, yang kerap disebut sebagai mesin gol, masih memimpin sendirian di daftar top skor dengan empat gol dalam dua pertandingan.

Neymar mencetak gol di pengujung waktu babak kedua dalam pertandingan yang alot bagi Brazil itu. Pemain Paris Saint-Germain itu menceploskan bola ke gawang Keylor Navas setelah menerima umpan tarik dari Douglas Costa.


Gol itu seolah menjawab kritik pedas, terutama dari pers Brasil, usai bermain imbang 1-1 melawan Swiss pada partai perdana Grup E. Pada pertandingan itu, Neymar berulangkali dijegal pemain lawan.



"Tidak ada yang tahu apa yang sudah saya lakukan untuk sampai ke sini," ia memulai cuitan berbahasa Portugisnya dalam akun Twitter.

"Air mata bahagia, mengatasi rintangan, keinginan untuk menang. Banyak hal dalam hidup saya yang tidak pernah mudah [dicapai], begitu juga sekarang!" sambungnya.

Pada pertandingan melawan Kosta Rika itu, Neymar berulangkali meluapkan kekesalannya, kepada pemain lawan, dan ofisial pertandingan, terutama kepada wasit Bjorn Kuipers.

Neymar saat mencetak gol ke gawang Kosta Rika, di Saint Petersburg Stadium, Saint Petersburg, Rusia, 22 Juni.Neymar saat mencetak gol ke gawang Kosta Rika, di Saint Petersburg Stadium, Saint Petersburg, Rusia, 22 Juni. (REUTERS/Max Rossi)

Hal itu terkait dengan pembatalan penalti bagi Brasil pada menit ke-78. Saat itu, Neymar terlihat dilanggar Giancarlo Gonzalez. Wasit sempat menunjuk titik putih, namun ia merevisinya usai melihat Video Assistant Referee (VAR).

Untungnya, Neymar tetap mampu menjawab tantangan dengan mencetak gol di ujung waktu. Seusai pertandingan mantan pemain Barcelona itu terlihat menutup wajah sambil menangis. Tanpa kata, ia melewati begitu saja para jurnalis.

Masuk Jalur Persaingan Top Skor, Neymar Disebut Bukan Mesin
"Neymar bukan mesin, dia adalah manusia seperti kita semua dan dia memiliki emosi," kata pelatih Brazil Tite setelah pertandingan itu, dikutip dari Marca. "Dia adalah pemain kunci," imbuhnya.

Meski demikian, Coutinho tetap memimpin daftar top skor di timnas Brasil dengan dwigolnya ke gawang Swiss dan Kosta Rika.

Berikut daftar top skor Piala Dunia 2018 hingga pertandingan Jumat (22/6).

1. Cristiano Ronaldo (Portugal) - 4 gol

2. Denis Cheryshev (Rusia), Diego Costa (Spain) - 3 gol

3. Luka Modric (Kroasia), Artem Dzyuba (Rusia), Harry Kane (Inggris), Romelu Lukaku (Belgia), Philippe Coutinho (Brasil), Ahmed Musa (Nigeria) - 2 gol

4. Yuri Gazinskiy (Rusia), Ante Rebic (Kroasia), Ivan Rakitic (Croatia), Aleksandr Golovin (Rusia), José Gimenez (Uruguay), Nacho (Spanyol), Antoine Griezmann, Kylian Mbappé (Prancis), Mile Jedinak (Australia), Sergio Agüero (Argentina), Finbogason (Islandia), Yussuf Poulsen (Denmark), Aleksandar Kolarov (Serbia), Hirving Lozano (Meksiko), Steven Zuber (Switzerland), Andreas Granqvist (Sweden), Dries Mertens (Belgium), Ferjani Sassi (Tunisia), Shinji Kagawa (Japan), Juan Quintero (Colombia), Yuya Osako (Japan), M'Baye Niang (Senegal), Grzegorz Krychowiak (Polandia), Luis Suárez (Uruguay), Neymar Jr (Brasil), Mitrovic (Serbia), Granit Xhaka, Xherdan Shaqiri (Swiss) - 1 gol

[Gambas:Video CNN] (nva)