7 Fakta Pertandingan Belgia vs Tunisia di Piala Dunia

Arif Hulwan Muzayyin, CNN Indonesia | Sabtu, 23/06/2018 13:50 WIB
7 Fakta Pertandingan Belgia vs Tunisia di Piala Dunia Striker timnas Belgia Romelu Lukaku menambah gol di Piala Dunia saat menjalani laga menghadapi Panama di Fisht Stadium, Sochi, Rusia, 18 Juni. (REUTERS/Marcos Brindicci)
Jakarta, CNN Indonesia -- Di atas kertas, timnas Tunisia tak diunggulkan dalam pertandingan melawan Belgia pada lanjutan Grup G Piala Dunia 2018, di Otkritie, Rusia, Sabtu (23/6). Namun, sejarah pertemuan kedua negara mengindikasikan sebaliknya.

Laga ketiga di Grup G ini sendiri akan disiarkan langsung Trans TV sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2018 pada pukul 19.00 WIB. Cuplikan gol-gol dan highlights laga Piala Dunia bisa disaksikan di CNNIndonesia.com.

Diketahui, timnas Belgia menempati posisi tiga dalam rangking FIFA. Sementara, Tunisia ada di peringkat 21. Terlebih, pada pekan pertama Piala Dunia Belgia sukses melumat Panama 3-0. Sementara, Tunisia kalah dari Inggris.


Namun, berdasarkan statistik Opta, pertemuan kedua tim tak menunjukkan jomplangnya peringkat FIFA kedua negara itu. Selain itu, ada sejumlah data statistik terkait pertemuan kedua negara.

Volgograd Arena, Volgograd, Russia - June 18, 2018 Tunisia's Ferjani Sassi Pemain timnas Tunisia Ferjani Sassi melepaskan tendangan ke gawang Inggris, dalam pertandinga di Volgograd Arena, Volgograd, Russia, 18 Juni. (REUTERS/Gleb Garanich)
1. Tiga pertemuan Belgia vs Tunisia sebelumnya kedua negara berbagi satu kemenangan dan satu hasil imbang. Pertemuan terakhir terjadi pada Piala Dunia 2002 ketika Belgia diimbangi Tunisia 1-1. Satu poin itupun menjadi satu-satunya raihan angka Tunisia pada ajang tersebut.

2. Belgia belum terkalahkan dalam tiga pertandingan terakhir melawan tim asal Benua Afrika (dua menang, satu imbang).

3. Belgia tak pernah kalah dalam pertandingan kedua fase grup Piala Dunia, memenangkan lima pertandingan terakhir dan tak terkalahkan dalam 10 pertandingan terakhir fase grup Piala Dunia. Satu-satunya gagal menang itu terjadi saat ditahan imbang Tunisia.

4. Romelu Lukaku berpeluang mencatatkan diri sebagai pencetak gol terbanyak Belgia di Piala Dunia. Saat ini penyerang Manchester United itu mengoleksi lima gol di Piala Dunia atau satu gol lebih sedikit dari Jan Ceulemans yang merupakan pemain terproduktif Setan Merah di Piala Dunia.

7 Fakta Pertandingan Belgia vs Tunisia di Piala Dunia
5. Tunisia gagal menang dalam 12 pertandingan terakhir Piala Dunia. Satu-satunya kemenangan Tunisia dalam gelaran Piala Dunia terjadi saat menaklukan Meksiko 3-1 pada edisi 1978.

6. Tim yang memiliki rekor tanpa kemenangan pada Piala Dunia yang lebih banyak dari Tunisia hanya Korea Selatan, yakni 14 kali (1954-1998).

7. Satu-satunya tembakan tepat sasaran Tunisia pada Piala Dunia 2018 adalah penalti ke gawang Inggris. (nva)