Meksiko Unggul 1-0 atas Korea Selatan di Babak Pertama

Ahmad Bachrain, CNN Indonesia | Sabtu, 23/06/2018 22:48 WIB
Meksiko Unggul 1-0 atas Korea Selatan di Babak Pertama Gol penalti Carlos Vela bawa Meksiko unggul 1-0 atas Korea Selatan di babak pertama. (REUTERS/Jason Cairnduff)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Meksiko untuk sementara unggul tipis 1-0 atas Korea Selatan pada babak pertama laga Grup F Piala Dunia 2018 di Stadion Rostov Arena, Sabtu (23/6).

Satu-satunya gol keunggulan Meksiko diciptakan oleh penyerang sayap mereka, Carlos Vela, melalui eksekusi penalti ke gawang Korea Selatan.

Mexiko tampil lebih mendominasi dari Korea Selatan sejak awal-awal babak pertama dengan persentase penguasaan bola 70 banding 30 persen. Para gelandang El Tri Color juga tampak solid dan kerap memenangkan pertarungan di lini tengah.


Meksiko Unggul 1-0 atas Korea Selatan di Babak Pertama
Kekuatan para gelandang Meksiko ini yang membuat mereka begitu mendominasi penguasaan bola atas Korea Selatan.

Meksiko menciptakan peluang pada menit ke-12. Sundulan Javier Hernandez masih belum menemukan sasaran setelah menerima umpan tendangan bebas Miguel Layun.

Sementara itu, Korea Selatan yang kalah dalam pertarungan di lini tengah lebih banyak bermain bertahan dengan mengandalkan serangan balik cepat. Namun, serangan balik Taegeuk Warriors ini juga kerap merepotkan pertahanan Meksiko.

Meksiko unggul 1-0 atas Korea Selatan berkat gol penalti Carlos Vela. (Meksiko unggul 1-0 atas Korea Selatan berkat gol penalti Carlos Vela. (Foto: REUTERS/Marko Djurica)
Korea Selatan bahkan tercatat dua kali mendapat peluang emas melalui skema serangan balik. Salah satunya peluang yang dihasilkan melalui umpan Hwang Hee-Chan.

Setelah melewati adangan bek Meksiko, Hwang Hee-Chan melepaskan umpan lambung dari sisi kiri. Namun usaha Korea Selatan bisa lebih dulu diantisipasi Hirving Lozano sebelum ditendang Lee Yong.

Meski Korea Selatan kerap mengancam dengan kecepatan luar biasa sejumlah pemain mereka, rata-rata kualitas individu para pemain Meksiko yang sangat ciamik mampu meredam lawannya itu.

[Gambas:Video CNN]

El Tri bahkan lebih sering membuat pertahanan Korea Selatan kocar-kacir. Meski sudah menumpuk hingga delapan pemain di dalam kotak penalti, pertahanan itu masih bisa ditembus para pemain Meksiko dengan kemampuan individu ciamik.

Carlos Vela membawa Meksiko unggul 1-0 pada menit ke-26 melalui eksekusi penalti. Tendangan kaki kanan Vela ke sisi kiri gawang mengecoh kiper Cho Hyun-Woo.

Penalti diberikan wasit Milorad Mazic setelah tangan Jang Hyun-Soo dianggap menyentuh dengan tangannya bola tendangan Andres Guardado di dalam kotak penalti sebelah kiri.

Meksiko terus menekan pertahanan Korea Selatan meski sudah unggul. Giliran tendangan Miguel Layun dari luar kotak penalti bisa ditepis Cho Hyun-Woo dan menghasilkan sepak pojok pada menit ke-38. 

Laga babak pertama berakhir, Meksiko unggul 1-0 atas Korea Selatan.
(bac)