Jerman Tertinggal 0-1 dari Swedia di Babak Pertama

Ahmad Bachrain, CNN Indonesia | Minggu, 24/06/2018 01:51 WIB
Jerman Tertinggal 0-1 dari Swedia di Babak Pertama Ola Toivonen membobol gawang Manuel Neuer. (REUTERS/Francois Lenoir)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Jerman tertinggal 0-1 dari timnas Swedia pada laga babak pertama Grup F Piala Dunia 2018 di Stadion Fisht Socchi, Sabtu (23/6) malam waktu setempat.

Satu-satunya gol di babak itu dilesakkan Ola Toivonen pada menit ke-32 melalui skema serangan balik.

Timnas Jerman melakukan perombakan di starter untuk menghadapi Swedia. Loew melakukan empat pergantian sekaligus. Mats Hummels, Marvin Plattenhardt, Mesut Oezil, dan Sami Khedira merupakan nama-nama yang tidak dimainkan sejak awal dan digantikan oleh Antonio Ruediger, Jonas Hector, Sebastian Rudy, serta Marco Reus.


Julian Draxler gagal memanfaatkan peluang emas menjadi gol ke gawang Swedia. (Julian Draxler gagal memanfaatkan peluang emas menjadi gol ke gawang Swedia. (REUTERS/Michael Dalder)
Meski tanpa diperkuat nama-nama seperti Oezil dan Sami Khedira, Jerman tampil langsung menekan di awal-awal babak pertama.

Jerman segera mengancam pertahanan Swedia saat laga baru berjalan tiga menit. Berawal dari serangan sisi kanan, Timo Werner menusuk ke dalam kotak penalti Swedia dan melepas umpan ke arah Julian Draxler. Namun, tendangan Draxler masih bisa ditepis kiper Swedia Robin Olsen.

Jerman Tertinggal 0-1 dari Swedia di Babak Pertama
Jerman kembali menciptakan situasi yang membahayakan gawang Swedia pada menit ketujuh. Draxler mencoba mengirim umpan silang datar, namun umpannya terlalu kencang sehingga tak bisa disambar Thomas Mueller di depan gawang Swedia.

Der Panzer kembali membombardir gawang Swedia pada menit kesembilan. Marco Reus melepaskan umpan mendatar ke Timo Werner, namun berhasil dipotonf Victor Lindeloef.

[Gambas:Video CNN]

Giliran pertahanan Jerman yang dibuat panik para penyerang Swedia. Blaugult berhasil melancarkan serangan balik cepat, Marcus Berg, berlari kencang dari tengah lapangan masuk ke kotak penalti, namun dijatuhkan Jerome Boateng. Namun, wasit tak menganggap pelanggaran dan pertandingan tetap berlangsung.

Padahal dalam tayangan ulang memang terlihat jelas Boateng menjegal Marcus Berg sebelum bola diadang Manuel Neuer.

Memasuki menit ke-31, Loew melakukan pergantian pemain. Ilkay Guendogan diturunkan menggantikan gelandang Jerman, Sebastian Rudy, yang mengalami cedera. Hidung Rudy berdarah setelah berbenturan dengan pemain Swedia.

Sebastian Rudy mengalami cedera hidung setelah berbenturan dengan pemain Swedia. (Sebastian Rudy mengalami cedera hidung setelah berbenturan dengan pemain Swedia. (Foto: REUTERS/Hannah McKay)
Baru saja melakukan pergantian pemain, Jerman mengalami musibah. Gawang Neuer kebobolan di menit ke-32 melalui gol Ola Toivonen.

Proses gol berawal dari kesalahan umpan Toni Kroos yang disambar pemain Swedia, Viktor Claesson yang merangsek ke sisi kanan. Claesson pun langsung mengoper bola kepada Toivonen yang melepaskan tendangan lob ke pojok kanan atas dan tak mampu dijangkau Neuer.

Menit ke-39, timnas Jerman nyaris mencetak gol ke gawang Swedia. Tendangan Ilkay Gundogan ditepis Olsen setelah sempat mengenai bek Swedia. Bola pantulan sempat disambar Thomas Mueller yang langsung menendang ke gawang Swedia, namun kembali ditepis Olsen.

Di sisa dua menit tambahan waktu babak pertama, Swedia nyaris menggandakan skor. Tandukan Marcus Berg umpan dari Sebastian Larsson berhasil ditepis Neuer.

Laga babak pertama pun berakhir dengan skor 1-0 untuk keunggulan timnas Swedia atas Jerman. (bac)