Timnas Jerman Sanjung Gol Toni Kroos

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Minggu, 24/06/2018 08:56 WIB
Timnas Jerman Sanjung Gol Toni Kroos Toni Kroos mencetak gol penting yang menjaga ambisi Jerman mempertahankan gelar Piala Dunia. (REUTERS/Hannah McKay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gol di detik-detik akhir yang dibuat Toni Kroos memastikan Jerman meraih kemenangan perdana di Piala Dunia 2018 pada matchday kedua ketika menghadapi Swedia, Sabtu (23/6) malam WIB.

Skema kerja sama dalam tendangan bebas di dekat kotak penalti dituntaskan Kroos dengan tendangan kaki kanan yang akurat ke pojok kiri gawang Swedia.

Tiga poin dari laga kedua menghidupkan kembali peluang Jerman melaju ke fase gugur setelah kalah dari Meksiko di pertandingan pertama.


Jerman kini menempati peringkat kedua di Grup F. Berpoin tiga, Die Mannschaft tertinggal tiga poin dari Meksiko dan unggul head-to-head atas Swedia.

Toni Kroos menyarangkan gol kemenangan Jerman atas Swedia di detik-detik akhir laga.Toni Kroos menyarangkan gol kemenangan Jerman atas Swedia di detik-detik akhir laga. (REUTERS/Hannah McKay)
Seperti dikutip dari situs resmi FIFA, Gol Kroos yang membawa Jerman menang mendapat apresiasi dari rekan dan pelatih timnas Jerman.

"Itu adalah peluang terakhir di dalam pertandingan. Dia [Kroos] melakukan dengan sempurna, menempatkan bola di pojok gawang. Itu benar-benar memberikan kegembiraan yang luar biasa. Saya merasa kami pantas meraih kemenangan," ucap Marco Reus yang menjadi tandem Kroos dalam proses kerja sama eksekusi tendangan bebas yang menghasilkan gol kemenangan Jerman.

Timnas Jerman Sanjung Gol Toni Kroos
Sebelum membukukan gol penentu, Kroos melakukan kesalahan umpan yang mengawali proses gol Swedia di babak pertama. Gol di menit akhir seperti membayar lunas utang unforced error yang merugikan sang juara dunia.

"Tim telah berupaya keras, mereka terus menyerang. Saya sangat gembira untuk Toni Kroos yang memilki andil dalam gol Swedia dan dia biasanya tidak melakukan kesalahan seperti itu. Tendangan bebasnya kelas dunia. Dia pantas mendapatkannya," ucap Joachim Loew.

Jerman akan menghadapi Korea Selatan pada laga terakhir fase grup yang berlangsung 27 Juni mendatang di Stadion Kazan Arena. (nva)