Catatan 12 Gol Telat di Piala Dunia 2018

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Minggu, 24/06/2018 14:08 WIB
Catatan 12 Gol Telat di Piala Dunia 2018 Harry Kane mencetak gol kemenangan di pengujung laga ketika Inggris bertemu Tunisia. (REUTERS/Jorge Silva)
Jakarta, CNN Indonesia -- Duel-duel di Piala Dunia 2018 kerap berlangsung sengit hingga akhir laga sehingga cukup banyak gol terjadi di menit-menit akhir.

Menjelang akhir matchday kedua, sudah tercipta 12 gol pada menit ke-90 atau lebih. Jumlah tersebut mencapai 16,9 persen dari jumlah keseluruhan gol di Piala Dunia 2018 yang berjumlah 71 gol.

Gol terakhir yang dibuat di pengujung laga dilesakkan Toni Kroos pada laga antara Jerman dan Swedia. Gelandang Die Mannschaft itu melesakkan gol pada menit tambahan kelima setelah waktu normal usai.


Catatan gol paling telat di Piala Dunia 2018 dibukukan Neymar yang membobol gawang Kosta Rika tujuh menit setelah waktu normal usai. Dalam pertandingan antara Brasil dan Kosta Rika terdapat dua gol yang tercipta di waktu tambahan. Sebelum gol Neymar, Philippe Coutinho membukukan gol pada menit pertama di waktu tambahan.

Neymar menggenapkan keunggulan Brasil atas Kosta Rika di detik-detik akhir pertandingan.Neymar menggenapkan keunggulan Brasil atas Kosta Rika di detik-detik akhir pertandingan. (REUTERS/Carlos Garcia Rawlins)
Tidak hanya laga Brasil dan Kosta Rika yang menghasilkan dua gol di waktu tambahan, ada dua laga lain yang menghasilkan dua gol di pengujung laga yakni pertandingan Rusia vs Arab Saudi dan Belgia vs Tunisia.

[Gambas:Video CNN]

Denis Cheryshev dan Aleksandr Golovin mencetak gol pada menit-menit akhir di laga pembuka Piala Dunia 2018 antara Rusia dan Arab Saudi. Cheryshev tercatat sebagai pemain pertama di Rusia 2018 yang membukukan gol telat.

Catatan 12 Gol Telat di Piala Dunia 2018
Sedangkan di laga Belgia dan Tunisia terjadi dua gol menit akhir untuk dua kesebelasan. Michy Batshuayi membobol gawang Farouk Ben Mustapha pada menit ke-90 dan menegaskan keunggulan Belgia menjadi 5-1. Tiga menit berselang giliran Wahbi Khazri yang menambah gol untuk Tunisia sekaligus mengubah hasil akhir.

Dari 12 gol telat ada beberapa gol yang menjadi penentu kemenangan sebuah tim, seperti yang dicatatkan Aziz Bouhaddouz (Iran), Xherdan Shaqiri (Swiss), Harry Kane (Inggris), dan Kroos (Jerman).

Gol-gol telat tidak tercipta di Grup C dan H. Sedangkan laga-laga di Grup E dan G masing-masing telah menghasilkan tiga gol menjelang laga usai.

Daftar gol telat di Piala Dunia 2018

Denis Cheryshev (Rusia) / Rusia vs Arab Saudi (90+1')
Aleksandr Golovin (Rusia) / Rusia vs Arab Saudi (90+4')
Aziz Bouhaddouz (Iran) / Iran vs Maroko (90+5')
Ivan Rakitic (Kroasia) / Kroasia vs Argentina (90+1')
Philippe Coutinho (Brasil) / Brasil vs Kosta Rika (90+1')
Neymar (Brasil) / Brasil vs Kosta Rika (90+7')
Xherdan Shaqiri (Swiss) / Swiss vs Serbia (90')
Toni Kroos (Jerman) / Jerman vs Swedia (90+5')
Son Heung-min (Korea Selatan) / Korea Selatan vs Meksiko (90+3)
Harry Kane (Inggris) / Inggris vs Tunisia (90+1')
Michy Batshuayi (Belgia) / Belgia vs Tunisia (90')
Wahbi Khazri (Tunisia) / Belgia vs Tunisia (90+3')

[Gambas:Video CNN] (arh)