Inggris Belajar dari Jerman di Piala Dunia 2018

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Minggu, 24/06/2018 15:59 WIB
Inggris Belajar dari Jerman di Piala Dunia 2018 Timnas Inggris mengandalkan pemain-pemain muda di Piala Dunia 2018. (REUTERS/Toru Hanai)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate mengaku menyerap ilmu dari penampilan Jerman di pertandingan-pertandingan Piala Dunia terdahulu.

Menjelang pertandingan kedua menghadapi Panama di Piala Dunia 2018, Southgate memperingatkan para pemain agar tidak melakukan pelanggaran di daerah pertahanan.

Menurut mantan pemain timnas Inggris itu, kesalahan lini belakang harus diminimalisasi untuk menghindari hukuman tendangan bebas sekaligus menjaga peluang The Three Lions melaju ke babak selanjutnya.


"Kami berbicara banyak soal pelanggaran. Saya mempelajari Jerman dari pertandingan-pertandingan Piala Dunia sebelumnya dan salah satu hal besar adalah mereka tidak melakukan pelanggaran di daerah sepertiga lapangan," jelasnya.

"Mereka luar biasa, hanya melakukan sedikit pelanggaran. Anda tidak ingin mengundang tekanan jika Anda bisa menghindar," ujar Southgate dikutip dari dailymail.

Wasit Wilmar Roldan memberi kartu kuning kepada Kyle Walker dalam laga antara Inggris dan Tunisia.Wasit Wilmar Roldan memberi kartu kuning kepada Kyle Walker dalam laga antara Inggris dan Tunisia. (REUTERS/Gleb Garanich)
Anak asuh Southgate tampak sudah memahami instruksi sang pelatih karena Inggris termasuk dalam daftar negara yang mengoleksi sedikit pelanggaran, meskipun gawang Jordan Pickford di laga pertama kebobolan dari titik putih karena insiden yang melibatkan Kyle Walker.

Inggris Belajar dari Jerman di Piala Dunia 2018
Inggris butuh kemenangan atas Panama untuk menggaransi tempat di perdelapan final Piala Dunia setelah mengantongi tiga poin dalam laga perdana usai mengalahkan Tunisia 2-1 berkat dua gol Harry Kane.

Tim yang mengandalkan pemain-pemain di liga lokal itu untuk sementara menempati peringkat kedua di bawah Belgia yang sudah menyapu bersih dua laga dengan kemenangan.

Setelah pengundian babak grup Piala Dunia pada 1 Desember 2017, Inggris memang diprediksi akan berduel dengan Belgia dalam perebutan juara grup.

Inggris akan bertemu Belgia pada laga terakhir fase grup yang dijadwalkan berlangsung 28 Juni mendatang. (arh)