7 Fakta Jelang Jepang vs Senegal di Piala Dunia 2018

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Minggu, 24/06/2018 16:30 WIB
7 Fakta Jelang Jepang vs Senegal di Piala Dunia 2018 Timnas Jepang berpeluang ke babak 16 besar jika berhasil meraih kemenangan atas Senegal. (REUTERS/Damir Sagolj)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah fakta menarik muncul jelang laga Jepang vs Senegal pada lanjutan Grup H Piala Dunia 2018 di Stadion Volgograd Arena, Minggu (24/6) malam.

Kedua negara sama-sama mengoleksi tiga poin hasil kemenangan di laga pertama. Tim Samurai Biru mengalahkan Kolombia dan tim Singa Teranga menundukkan Polandia.

Pemenang dalam laga ini akan memastikan tempat di perdelapan final, dengan syarat laga Polandia dan Kolombia berakhir tanpa pemenang.


Laga di Piala Dunia 2018 ini merupakan pertemuan kedua tim untuk kali pertama di sebuah kompetisi resmi. Senegal sebelumnya hanya pernah tampil di Piala Dunia 2002, sementara Jepang sudah pernah tampil di lima edisi Piala Dunia.

Berikut fakta-fakta penting jelang laga Jepang vs Senegal dikutip dari Opta:

1. Senegal tidak pernah kalah dari Jepang. Dari tiga pertemuan di laga persahabatan, negara Afrika Barat itu meraih dua kemenangan dan sekali seri. Pertemuan terakhir kedua kesebelasan berakhir dengan skor 1-0.

M'Baye Niang mencetak gol perdana di Piala Dunia ketika Senegal berhadapan dengan Polandia.M'Baye Niang mencetak gol perdana di Piala Dunia ketika Senegal berhadapan dengan Polandia. (REUTERS/Kai Pfaffenbach)
2. Senegal belum pernah bertemu dengan tim Asia di Piala Dunia, sedangkan Jepang sudah pernah menghadapi tiga negara Afrika di Piala Dunia. Dari tiga laga menghadapi tim asal Benua Hitam, Jepang meraih dua kemenangan dan sekali kalah.

3. Senegal hanya mengalami dua kekalahan dari 31 pertandingan. Anak asuh Aliou Cisse itu menorehkan 19 kemenangan dan 10 kali imbang.

7 Fakta Pertandingan Jepang vs Senegal di Piala Dunia 2018
4. Seandainya meraih kemenangan atas Jepang, maka Senegal akan mengikuti jejak Kamerun di Piala Dunia 1990 dan Nigeria di Piala Dunia 1998 yang memenangi dua laga awal di fase grup Piala Dunia.

5. Kemenangan atas Kolombia merupakan kemenangan pertama Jepang dalam Piala Dunia yang berlangsung di Eropa sekaligus menjadi kemenangan pertama dalam lima laga Piala Dunia terakhir.

6. Jepang belum pernah meraih kemenangan beruntun pada Piala Dunia setelah kali terakhir melakukannya di fase grup Piala Dunia 2002 ketika menang atas Rusia dan Tunisia.

7. Kiper Eiji Kawashima yang berusia 35 tahun 96 hari menjadi pemain tertua timnas Jepang di putaran final Piala Dunia. (arh/har)