Jepang Tahan Imbang Senegal di Piala Dunia 2018

Jun Mahares, CNN Indonesia | Minggu, 24/06/2018 23:58 WIB
Jepang Tahan Imbang Senegal di Piala Dunia 2018 Keisuke Honda sukses menyelamatkan wajah Jepang dari Kekalahan dari Senegal. (REUTERS/Marcos Brindicci)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Jepang mampu Senegal menahan imbang Senegal 2-2 pada matchday kedua babak penyisihan Grup H Piala Dunia 2018 di Ekaterinburg Arena, Rusia, Minggu (24/6).

Senegal sejatinya mendominasi alur permainan sejak awal laga. Sempat unggul dua kali, namun mampu disamakan Jepang yang tampil penuh semangat.

Sadio Mane menjadi pembuka keunggulan Senegal di menit ke-12. Penyerang Liverpool tersebut sukses menyambar bola liar di depan gawang memanfaatkan penyelamatan tak sempurna yang dilakukan kiper Eiji Kawashima.


[Gambas:Video CNN]

Alih-alih meninju sepakan Youssouf Sabaly, bola justru memantul Mane yang sudah menunggu di depan gawang. Skor 1-0 untuk keunggulan Senegal.

Sadio Mane cetak gol pembuka Senegal.Sadio Mane cetak gol pembuka keunggulan Senegal. (REUTERS/Andrew Couldridge)
Tertinggal satu gol membuat Jepang harus mengambil inisiatif menyerang. Skuat arahan Akira Nishino berani membangun serangan cepat ke jantung pertahanan Senegal.

Upaya tim Samurai Biru akhirnya berbuah manis di menit ke-34. Tembakan melengkung Takashi Inui memanfaatkan umpan cerdik dari Yuto Nagatomo berhasil menggetarkan gawang Khadim N'Diaye.

Jepang Tahan Imbang Senegal di Piala Dunia 2018
Senegal kembali unggul di menit ke-71. Kali ini giliran Wague yang mencatatkan namanya di papan skor. Bek sayap 19 tahun itu berhasil menuntaskan umpan Mbaye Niang dengan tembakan keras.

Keisuke Honda jadi penyelemat wajah Jepang dari kekalahan.Keisuke Honda jadi penyelemat wajah Jepang dari kekalahan. (REUTERS/Marcos Brindicci)
Tanpa dinyana Jepang mampu menyamakan kedudukan tujuh menit setelah gol kedua Senegal tercipta. Adalah pemain pengganti, Keisuke Honda yang jadi juruselamat Jepang. Mantan pemain AC Milan itu berhasil menuntaskan umpan Inui untuk memperdaya kiper N'Diaye.

Hasil imbang ini membuat peluang kedua tim masih terbuka. Sementara tim yang kalah pada laga Polandia vs Kolombia dipastikan tersingkir karena sudah mengalami kekalahan di laga perdana.

Susunan Pemain

Jepang XI (4-2-3-1): Kawashima; Sakai, Yoshida, Shoji, Nagatomo; Hasebe, Shibasaki; Haraguchi, Kagawa, Inui; Osako.

Senegal XI (4-3-3): KH. Ndiaye; Sabaly, Koulibaly, Sane, Wague; P.Ndiaye, A.Ndiaye, Gana; Ismaila, Niang, Mane. (jun)