Klasemen Grup B Piala Dunia 2018

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Selasa, 26/06/2018 09:19 WIB
Klasemen Grup B Piala Dunia 2018 Timnas Spanyol melaju ke babak 16 besar dengan predikat juara grup. (REUTERS/Gonzalo Fuentes)
Jakarta, CNN Indonesia --
Spanyol dan Portugal meraih tiket ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 setelah menjadi pemuncak dan runner-up Grup B. 

Kedua negara tersebut menjalani laga dramatis di matchday ketiga fase grup. La Furia Roja bermain imbang dengan Maroko, sama seperti Selecao das Quinas yang ditahan imbang oleh Iran.

Sang juara Piala Dunia 2010 sempat tertinggal dua kali oleh wakil Afrika dalam laga yang berlangsung di Stadion Kaliningrad. Gol Iago Aspas di menit-menit akhir pertandingan akhirnya memastikan Spanyol meraih satu poin dan melaju ke fase gugur.


Portugal pun nyaris tidak lolos ketika menghadapi perlawanan Team Melli. Unggul lebih dulu berkat gol Ricardo Quaresma, Portugal gagal menggandakan skor lantaran penalti Cristiano Ronaldo dihentikan Ali Beiranvand.

Cristiano Ronaldo gagal menambah gol di matchday ketiga fase grup Piala Dunia 2018.Cristiano Ronaldo gagal menambah gol di matchday ketiga fase grup Piala Dunia 2018. (REUTERS/Ricardo Moraes)
Di menit-menit akhir, Iran menyamakan kedudukan berkat tendangan 12 pas Karim Ansarifard. Menjelang laga bubar Iran memiliki peluang emas yang gagal dimanfaatkan. Skor 1-1 mengantarkan Portugal ke babak perdelapan final.

Spanyol dan Portugal sama-sama mengoleksi lima poin hasil dari satu kali menang dan dua kali imbang.

Klasemen Grup B Piala Dunia 2018
Kedua negara dari semenanjung Iberia itu juga memiliki selisih gol yang sama, sehingga produktivitas gol yang memastikan Spanyol berada di puncak klasemen.

Catatan enam gol dan lima kebobolan yang dimiliki Sergio Ramos dan kawan-kawan lebih baik ketimbang Portugal yang melesakkan lima gol dan kebobolan empat kali.

Iran yang hampir memupuskan mimpi Portugal ke babak 16 besar harus puas berada di peringkat ketiga. Dari tiga laga yang dilalui, wakil Asia yang pertama memastikan tempat di Piala Dunia 2018 itu meraih empat poin hasil dari satu kali menang dan satu kali imbang.

Sedangkan Maroko yang tidak pernah meraih kemenangan ada di peringkat terbawah dengan satu poin hasil dari mengimbangi Spanyol di laga terakhir.

Klasemen Grup B Piala Dunia 2018

Negara           Menang Seri Kalah Selisih Gol Poin
1. Spanyol          1        2      0         1            5
2. Portugal          1        2     0         1             5
3. Iran                1       1      1         0             4
4. Maroko           0       1       2        -2            1


(arh)