Masih Jalani Sanksi, Persija Ingin Mainkan Simic Lawan Persib

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Jumat, 29/06/2018 20:30 WIB
Masih Jalani Sanksi, Persija Ingin Mainkan Simic Lawan Persib Striker Persija Marko Simic bakal dimainkan melawan Persib di Stadion PTIK. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Persija Jakarta Stefano 'Teco' Cugurra mengisyaratkan bakal menurunkan bomber Marko Simic saat duel melawan Persib Bandung dalam lanjutan kompetisi Liga 1 2018 di Stadion PTIK, Jakarta, Sabtu (30/6).

Simic sebenarnya masih menjalani hukuman larangan tampil empat pertandingan dari Komite Disiplin (Komdis) PSSI usai menyikut bek Persipura Jayapura Ian Louis Kabes saat Persija mengalahkan Persipura 2-0 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, 25 Mei lalu.

Sampai dengan saat ini, Simic baru menjalani dua dari empat kali larangan tampilnya, yakni saat melawan PS TIRA (8/6) dan Persebaya Surabaya, Selasa (26/6). Namun, lantaran laga melawan Persib merupakan laga tunda sebelum Simic dihukum, striker Kroasia itu tetap diizinkan tampil.

"Dia cuma tidak main [dalam] dua pertandingan, saat lawan PS TIRA dan Persebaya. Dia punya kondisi yang bagus, dia sudah ikut latihan dan persiapan buat laga besok [lawan Persib]," ujar Teco, Jumat (29/6).


Teco mengaku sudah menyiapkan strategi dan taktik yang akan diterapkannya ke pemain saat menghadapi Persib. Termasuk mengantisipasi bek Maung Bandung, Victor Igbonefo, dua striker asing mereka Jonathan Bauman dan Ezechiel N'Douassel.

Persija tidak diperkuat Marko Simici saat menjamu Persebaya di PTIK pada pekan lalu.Persija tidak diperkuat Marko Simici saat menjamu Persebaya di PTIK pada pekan lalu. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
"Dia [Igbonefo] sudah kerja sama saya tiga sampai empat tahun di Liga Thailand dengan tiga klub berbeda. Saya tahu dia punya kualitas dan taktik bagus. Mereka [Persib] juga punya pemain berkualitas yang baru datang tahun ini dari Eropa. Tapi Persija punya kerja sama tim, kalau kerja sama tim kami bagus buat menyerang pertahanan Persib, kami bisa cetak gol."

"Kami juga sudah latihan taktik di lini belakang. Mereka punya dua pemain asing di depan jadi kami harus kerja keras, punya penjagaan yang bagus waktu bertahan supaya tidak kebobolan," jelas Teco.

Sementara itu, kapten Persija Ismed Sofyan bertekad memenangi pertandingan nanti. Bukan lantaran Persib menjadi rival abadi Persija di Liga Indonesia, melainkan karena tidak pernah menjamu Pangeran Biru di ibu kota.

Ismed Sofyan (kanan) bersyukur laga melawan Persib kembali digelar di Jakarta.Ismed Sofyan (kanan) bersyukur laga melawan Persib kembali digelar di Jakarta. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)
Dalam empat tahun terakhir menurut pengakuan Ismed, Macan Kemayoran selalu menjamu Persib di luar Jakarta. Tetapi kali ini Persija bisa menghadapi Persib di Stadion PTIK.

Pertemuan kedua tim di Stadion PTIK juga merupakan partai tunda. Setelah awalnya di jadwalkan digelar pada 28 April lalu atau di pekan keenam di jadwal kompetisi Liga 1 2018.

Terakhir kali, Persija menjamu Persib di Jakarta pada 2014 lalu dengan raihan hasil imbang 0-0 di kompetisi Liga Super Indonesia (ISL). Di akhir musim kompetisi, Persib tampil sebagai juaranya.

Masih dalam Masa Sanksi, Marko Simic Siap Tampil Lawan Persib
"Empat tahun tidak main [dengan Persib] di Jakarta tentu merugikan tim kami. Alhamdulillah sekarang bisa main di Jakarta walaupun tidak di SUGBK, tapi di PTIK. Tapi tetap saya syukuri karena tidak digelar di luar Jakarta. Jadi kami sangat termotivasi bisa main lawan Persib di Ibu Kota," kata Ismed.

Selain itu, Ismed menyebut pertemuan Macan Kemayoran dengan Pangeran Biru merupakan laga yang sarat gengsi. Atmosfer yang dimunculkan juga berbeda saat Persija jumpa dengan tim lainnya.

Sebab itu, Ismed mengatakan pemain harus punya motivasi lebih saat menghadapi Persib. Terlebih, pertandingan digelar di Jakarta dan hanya bisa disaksikan perwakilan dari The Jakmania lantaran kondisi stadion yang tidak memungkinkan seluruh suporter bisa hadir langsung.

"Pertandingan ini penting untuk kami di klasemen. Penting juga buat kami raih tiga poin karena selain untuk kemenangan tim, harapannya kemenangan nanti juga untuk The Jakmania." (sry/bac)