Prediksi Uruguay vs Portugal di 16 Besar Piala Dunia 2018

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Sabtu, 30/06/2018 07:05 WIB
Prediksi Uruguay vs Portugal di 16 Besar Piala Dunia 2018 Cristiano Ronaldo akan kembali menjadi motor serangan Portugal saat melawan Uruguay. (REUTERS/Lucy Nicholson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Laga sengit Uruguay vs Portugal pada 16 besar Piala Dunia 2018 akan berlangsung di Stadion Fisht, Minggu (1/7) dini hari WIB. Berikut ini prediksi pertandingan Uruguay vs Portugal.

Uruguay lolos ke babak 16 besar secara meyakinkan dengan menyapu bersih kemenangan dan menjadi juara Grup A. Sementara Portugal harus kerja keras untuk menjadi runner up Grup B dan lolos ke babak knock-out.

Berikut ini prediksi hasil pertandingan Uruguay vs Portugal versi tim redaksi olahraga CNNIndonesia.com:


Uruguay Sudahi Mimpi Ronaldo dan Portugal (Putra Permata Tegar Idaman)

Timnas Uruguay akan menghadapi Portugal yang mengandalkan Cristiano Ronaldo. Di Piala Dunia kali ini, CR7 sudah menunjukkan kemampuannya sebagai motor tim Portugal.

Cristiano Ronaldo akan jadi ancaman lini pertahanan Uruguay.Cristiano Ronaldo akan jadi ancaman lini pertahanan Uruguay. (REUTERS/Ueslei Marcelino)
Namun Uruguay datang ke babak 16 besar dengan kepercayaan diri tinggi. Mereka sukses mengakhiri babak penyisihan grup A dengan sempurna, plus nilai tambah tidak pernah kebobolan.

Uruguay mungkin akan melihat cara bertahan Iran yang berhasil mematikan Ronaldo hampir sepanjang laga. Keunggulan Uruguay lainnya adalah mereka punya Diego Godin yang sudah paham gerak-gerik Ronaldo.

Dari skema permainan terbuka, Uruguay punya kemampuan untuk menahan permainan Ronaldo. Mereka tinggal fokus agar tak membuat pelanggaran di area berbahaya. Bila hal itu bisa dilakukan, maka Uruguay punya peluang besar untuk menang. Luis Suarez dan kawan-kawan bisa mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 3-1.

Portugal Angkat Koper (Haryanto Tri Wibowo)

Portugal tidak mampu meyakinkan saya lewat tiga penampilan di Grup B, termasuk ketika ditahan imbang Iran di laga terakhir. Sebaliknya Uruguay menjadi salah satu tim yang paling konsisten penampilannya di Piala Dunia 2018 sejauh ini.

Uruguay tidak pernah kebobolan di babak grup Piala Dunia 2018.Uruguay tidak pernah kebobolan di babak grup Piala Dunia 2018. (REUTERS/Darren Staples)
Berkaca dari penampilan kedua tim di babak grup, Uruguay saya unggulkan untuk meraih kemenanangan atas Portugal. Uruguay punya lini belakang dan depan yang sangat kuat, meski Portugal bisa lebih unggul di lini tengah.

Skor tipis bisa terjadi di laga ini, dengan Luis Suarez atau Edinson Cavani menjadi pencetak gol. Sosok Diego Godin juga bisa menjadi penentu kemenangan Uruguay, yang saya prediksi akan menang 1-0 atas Portugal.

Tim Uruguay Kalahkan Cristiano Ronaldo (Nova Arifianto)

Cristiano Ronaldo akan kembali menjadi pusat perhatian tiap kali timnas Portugal bertanding, termasuk ketika menghadapi Uruguay di babak gugur yang pertama.

Tidak semua gol berasal dari Ronaldo, tetapi statistik menunjukkan sang pemain veteran punya kontribusi lebih dan menonjol ketimbang Goncalo Guedes, Ricardo Quaresma, William Carvalho, dan Joao Moutinho di skuat Portugal.

Prediksi Uruguay vs Portugal di 16 Besar Piala Dunia 2018
Kembalinya Jose Gimenez akan sangat berarti bagi Uruguay. Oscar Tabarez dapat memasangnya bersama Diego Godin di jantung pertahanan. Uruguay menjadi satu-satunya tim yang belum kebobolan di Piala Dunia 2018. Kerja sama dan kekompakan tim akan membuat Uruguay mengungguli sang juara Eropa. Skor akhir 3-2.

Uruguay Menang Lanjutkan Clean Sheet (Ahmad Bachrain)

Timnas Uruguay tampil perkasa melaju ke babak 16 besar Piala 2018. Mereka jadi satu-satunya tim yang belum pernah kebobolan jelang menghadapi Portugal pada fase gugur.

Menghadapi Portugal tentu akan menjadi ujian sesungguhnya bagi Diego Godin dan kawan-kawan di lini pertahanan. Cristiano Ronaldo bakal menjadi ancaman bagi La Celeste.

Meski demikian lini pertahanan Uruguay menurut saya akan tetap solid. Tim arahan Oscar Tabarez saya prediksi bakal menang atas Portugal melanjutkan catatan clean sheet dengan skor 1-0.

Portugal Depak Uruguay dari Rusia (Jun Mahares)

Portugal memang identik dengan Cristiano Ronaldo, tapi mereka sebenarnya punya kekuatan yang seimbang. Setidaknya Selecao das Quinas punya pertahanan solid dan sejumlah kreator selain Ronaldo. Pemain senior Ricardo Quaresma salah satunya.

Luis Suarez dan Edinson Cavani jadi andalan lini depan Uruguay.Luis Suarez dan Edinson Cavani jadi andalan lini depan Uruguay. (REUTERS/Dylan Martinez)
Sementara Uruguay identik dengan duet Luis Suarez-Edinson Cavani di lini depan. Namun, mereka tak memiliki motor di lini tengah dan kerap buntu saat menghadapi tim defensif. Berbeda dengan Portugal yang memiliki pemain pembeda seperti Ronaldo yang bisa memecahkan kebuntuan di setiap saat. Saya prediksi Portugal menang dengan skor 2-0 atau selisih dua gol atas Uruguay.

Portugal ke Perempat Final dengan Keberuntungan (Surya Sumirat)

Sebagai juara Piala Eropa 2016, performa Portugal di Piala Dunia 2018 tidak terlalu mengesankan. Portugal kesulitan saat melawan tim-tim sekelas Maroko dan Iran. Penampilan Portugal di turnamen ini tidak beda jauh seperti di Piala Eropa 2016, tak mewah namun bisa terus melaju bahkan sampai juara. Melawan Uruguay saya prediksi Portugal akan tetap dinaungi keberuntungan.

Meski permainan akan menjadi milik Uruguay, tapi Portugal akan jadi pemenang dalam laga ini dan lolos ke perempat final. Uruguay akan lebih sering mengancam pertahanan Portugal melalui duet Edinson Cavani dan Luis Suarez. Sementara Portugal hanya bisa mengandalkan serangan balik dengan bertumpu kepada Cristiano Ronaldo. Striker Portugal lainya Andre Silva bisa menjadi bintang dalam laga ini. Dengan dinaungi Dewi Fortuna, Portugal bisa menang lewat adu penalti. (sry)