6 Hal Penting Jelang Balapan MotoGP Belanda

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Minggu, 01/07/2018 15:55 WIB
6 Hal Penting Jelang Balapan MotoGP Belanda Marc Marquez meraih pole position MotoGP Belanda 2018. (REUTERS/Alessandro Bianchi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Balapan MotoGP Belanda 2018 akan berlangsung pada Minggu (2/7). Berikut hal-hal penting yang harus diketahui jelang balapan tersebut.

Persaingan MotoGP 2018 akan berlanjut di Sirkuit Assen. Marc Marquez, Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Andrea Dovizioso, dan pebalap lainnya akan bersaing memperebutkan podium tertinggi di akhir balapan.

Marc Marquez saat ini memimpin klasemen dengan nilai 115 poin, unggul 27 angka dari Rossi yang ada di peringkat kedua.



Berikut enam hal penting jelang balapan MotoGP Belanda seperti dikutip dari situs resmi MotoGP:

1. Marc Marquez meraih pole position untuk pertama kalinya di kelas MotoGP pada GP Assen. Ini adalah pole position ke-75 dalam kariernya di balap grand prix dan ke-47 khusus untuk kelas MotoGP.

2. Namun dalam tujuh musim terakhir, hanya ada dua pebalap yang mampu menang saat memulai balapan di pole position pada MotoGP Assen (Casey Stoner pada 2012 dan Valentino Rossi pada 2015).

3. Valentino Rossi adalah pebalap tersukses di Assen. The Doctor memenangkan total 10 juara di seluruh kelas dengan rincian sekali di 125cc, satu kali di 250cc, dan delapan kali di kelas MotoGP.

Maverick Vinales dan Valentino Rossi sudah lama tak bisa membawa motor Yamaha menjadi yang tercepat melintasi finis di ajang MotoGP.
Maverick Vinales dan Valentino Rossi sudah lama tak bisa membawa motor Yamaha menjadi yang tercepat melintasi finis di ajang MotoGP. (Foto: Getty Images/Getty Images/AFP)
4. Yamaha tak lagi mampu meraih kemenangan sejak Valentino Rossi menang di Assen tahun lalu. Catatan 17 seri tanpa kemenangan itu merupakan catatan terpanjang sejak 2003 yaitu puasa gelar selama 18 seri (16 seri di musim 2002 dan 2 seri di musim 2003).

5. Andrea Dovizioso bakal start dari posisi keempat. Dovizioso bertekad jadi pebalap Ducati kedua yang mampu memenangkan balapan MotoGP Belanda setelah Casey Stoner (2008).
Andrea Dovizioso berusaha memutus nasib sialnya di MotoGP Belanda.Andrea Dovizioso berusaha memutus nasib sialnya di MotoGP Belanda. (Foto: REUTERS/Yves Herman)

6. Jorge Lorenzo harus memulai balapan dari posisi start ke-10. Hal ini cukup merugikan bagi Lorenzo yang tengah berada dalam kondisi terbaiknya usai memenangi dua seri beruntun di Italia dan Barcelona.

Balapan MotoGP Belanda akan berlangsung di Sirkuit Assen, Minggu (1/7). Balapan ini bisa disaksikan lewat live streaming di CNNIndonesia.com. (ptr)


BACA JUGA