Deschamps Ungkap Dua Taktik Matikan Messi

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Senin, 02/07/2018 02:22 WIB
Deschamps Ungkap Dua Taktik Matikan Messi Lionel Messi gagal mengantarkan timnas Argentina ke perempat final Piala Dunia 2018. (REUTERS/Dylan Martinez)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Timnas Prancis Didier Deschamps membeberkan strategi yang ia racik untuk menghentikan langkah Lionel Messi di 16 Besar Piala Dunia 2018.

Prancis menang 4-3 atas Argentina pada laga yang digelar di Kazan Arena, Sabtu (30/6). Empat gol Prancis diciptakan Antonie Griezmann lewat penalti di menit ke-13, Bejamin Pavard menit ke-57, dan dua lainnya oleh sepakan Kylian Mbappe pada menit ke-64 dan 68.

Sementara gol Tim Tango tercipta dari sepakan jarak jauh Angel Di Maria di menit ke-41, Gabriel Mecrdo (menit ke-48) dan Sergio 'Kun' Aguero di menit akhir babak kedua.


Deschamps Ungkap Cara Matikan Lionel Messi
Kemenangan Prancis ini tak lain berkat strategi dan taktik cemerlang Deschamps untuk menjinakkan Messi. Salah satunya dengan menempatkan N'Golo Kante untuk terus mengawal ketat Messi.

"Kami punya dua cara untuk menghentikannya [Messi]; menghentikannya untuk mendapatkan bola, seperti yang sering kami lakukan, dan ketika dia memegang bola kami punya satu pemain yang khusus menjaganya," ujar Deschamps seperti dilansir Marca.

[Gambas:Video CNN]

Deschamps juga mengatakan kunci menghentikan Messi adalah juga menyetop dua gelandang Argentina yaitu Javier Mascherano dan Ever Banega yang punya koneksi khusus dengan sang empunya nomor 10 tersebut.

"Jika kami ingin menghentikan Messi, kami juga harus menghentikan dua pemain lainnya [Mascherano dan Banega]," ungkapnya.

Deschamps yang juga membawa Les Bleus juara Piala Dunia 1998 sebagai kapten itu juga memuji penampilan timnya. Meski minim pengalaman, mereka disebut bisa bersaing di pertandingan dengan level tinggi.

Didier Deschamps memuji penampilan timnya ketika mengalahkan Argentina di 16 Besar Piala Dunia 2018. Didier Deschamps memuji penampilan timnya ketika mengalahkan Argentina di 16 Besar Piala Dunia 2018. (REUTERS/Pilar Olivares)
Ketenangan Deschamps diuji di awal-awal babak kedua ketika Gabriel Mercado mencetak gol dan membawa Argentina berbalik unggul. Namun, remaja 19 tahun Kylian Mbappe tampil tenang dan cemerlang untuk mencetak dua gol kemenangan Prancis.

"Dia [Mbappe] mencintai sepak bola. Dia tahu semuanya, saya senang dia orang Prancis. Dia pemain potensial dan pada pertandingan penting seperti kemarin, dia menunjukkan talentanya dan dia melakukannya dengan baik." 

Prancis akan berhadapan dengan Uruguay di babak perempat final Piala Dunia 2018 pada laga yang digelar di Stadion Nizhny Novgorod, Jumat (6/7) pukul 21.00 WIB. (vws)