Verstappen Juara GP Austria, Vettel Pimpin Klasemen

Vetriciawizach, CNN Indonesia | Minggu, 01/07/2018 22:09 WIB
Verstappen Juara GP Austria, Vettel Pimpin Klasemen Max Verstappen menjuarai GP Austria pada Minggu (1/7). (REUTERS/Carlo Allegri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebalap Red Bull, Max Verstappen, menjuarai GP Austria disusul oleh duo Ferrari, Kimi Raikkonen dan Sebastian Vettel, Minggu (1/7).

Sementara itu, pebalap andalan Mercedes Lewis Hamilton mengakhiri balapan tanpa poin karena gagal menyelesaikan balapan.

Di putaran ke-63 (dari total 71), mesin mobil Hamilton kehilangan tenaga sehingga ia harus pensiun dini.


Padahal Hamilton yang memulai balapan di posisi kedua mengawali GP Austria ini dengan baik, bahkan sempat mengambil alih posisi pemimpin balapan dari tangan Valtteri Bottas.

Namun, satu kesalahan strategi pitstop membuat posisi Hamilton tergeser oleh duo Ferrari dan Verstappen di putaran ke-38, dan harinya kemudian diperburuk dengan kegagalan mesin.

Hal sama juga dialami oleh Bottas yang pensiun dini di putaran ke-14 karena mesinnya kehilangan tekanan hidrolik.

Petaka untuk duo Mercedes ini menjadi kabar baik bagi Verstappen yang dengan mudah mengamankan kemenangan di GP Austria, yang merupakan juga keempat dalam kariernya.

"Ini mengagumkan, sangat susah untuk mengatur ban karena dengan cepat aus, tapi kami berhasil melakukannya. Ini kemenangan mengagumkan bagi Red Bull dan ada banyak penggemar dari Belanda di sini," ujar Verstappen.

Sementara itu, podium ketiga berarti banyak bagi Vettel yang kini merebut puncak klasemen dari tangan Hamilton. Kini hanya selisih satu poin memisahkan keduanya.

Pebalap yang akan berulang tahun ke-31 pada Selasa nanti ini mengatakan seharusnya ia mendapatkan hasil lebih baik.

"Tentu saja akan lebih baik jika mengawali balapan dengan baik, saya tak memiliki ruang di tikungan pertama sehingga kehilangan momentum," ujar Vettel.

"Ini memang hari yang positif, tapi seharusnya lebih baik lagi."

Klasemen sementara F1:

1 Sebastian Vettel 146
2 Lewis Hamilton 145
3 Kimi Räikkönen 101
4 Daniel Ricciardo 96
5 Max Verstappen 93
6 Valtteri Bottas 92
7 Kevin Magnussen 37
8 Fernando Alonso 36 (vws)


BACA JUGA