6 Duel Kunci Brasil vs Meksiko di 16 Besar Piala Dunia 2018

Surya Sumirat, CNN Indonesia | Senin, 02/07/2018 13:51 WIB
6 Duel Kunci Brasil vs Meksiko di 16 Besar Piala Dunia 2018 Neymar memegang peranan penting dalam permainan timnas Brasil di Piala Dunia 2018. (REUTERS/Kai Pfaffenbach)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Brasil akan menghadapi Meksiko dalam pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Stadion Samara Arena, Senin (2/7). Berikut duel kunci dalam laga Brasil vs Meksiko.

Di Piala Dunia 2018, Brasil bertekad memperbaiki rapor setelah terpuruk di Piala Dunia 2014 saat menjadi tuan rumah. Meski tidak memiliki performa bagus di fase grup, Tim Samba diyakini akan bemain lebih solid di babak gugur.

Dengan performa Meksiko yang cukup impresif pada babak sebelumnya, pertandingan nanti bisa berjalan menarik. Berikut enam duel kunci yang bisa terjadi dalam laga Brasil vs Meksiko:


1. Gabriel Jesus vs Hugo Ayala

Gabriel Jesus belum mencetak gol di Piala Dunia 2018. Tetapi mengabaikan pemain Manchester City itu akan membahayakan lini pertahanan Meksiko. Gabriel memiliki penempatan posisi yang bagus. Karena itu, Hugo Ayala perlu memberikan penjagaan ketat kepada Gabriel dalam pertandingan nanti.

2. Neymar vs Carlos Salcedo
Meski tidak terlalu bersinar, Neymar akan tetap berbahaya untuk Meksiko.Meski tidak terlalu bersinar, Neymar akan tetap berbahaya untuk Meksiko. (REUTERS/Grigory Dukor)
Di Piala Dunia 2018, performa Neymar sejatinya tidak terlalu menonjol. Bintang Paris Saint-Germain tersebut baru mengoleksi satu gol dan satu assist. Namun Neymar tetap andalan di timnas Brasil dan harus mendapat perhatian khusus dari pemain-pemain Meksiko.

Salah satu cara yang bisa dilakukan Carlos Salcedo jika mendapat perintah mengawal Neymar adalah melakukan duel fisik. Membuat Neymar sering terjatuh bisa menghambat pergerakan mantan pemain Barcelona itu. Tetapi di saat yang bersamaan, skuat Meksiko juga fokus terhadap ancaman pemain Brasil lain.

3. Philippe Coutinho vs Hector Herrera
Philippe Coutinho sudah mencetak dua gol di Piala Dunia 2018.Philippe Coutinho sudah mencetak dua gol di Piala Dunia 2018. (REUTERS/Max Rossi)
Philippe Coutinho bisa menjadi senjata rahasia Brasil saat melawan Meksiko. Di turnamen ini posisi Coutinho ada di belakang Neymar. Coutinho memiliki tugas datang dari belakang ketika lini depan Brasil tumpul. Dengan taktik seperti itu Coutinho sudah menorehkan dua gol dan memberikan satu assist.

Adalah tugas Hector Herrera untuk mencegah Coutinho bisa sampai ke pertahanan El Tri. Herrera memiliki kelebihan dalam duel udara dan kemampuan tekel yang baik. Gaya bermain Herrera yang seperti itu bisa 'mematikan' permainan Coutinho yang cenderung senang melakukan dribel serta menahan bola.

4. Casemiro vs Carlos Vela
Carlos Vela menjadi salah satu kunci permainan Meksiko di Piala Dunia 2018.Carlos Vela menjadi salah satu kunci permainan Meksiko di Piala Dunia 2018. (REUTERS/Jason Cairnduff)
Konsentrasi Casemiro akan benar-benar diuji dalam laga nanti karena bisa berduel dengan Carlos Vela. Di timnas Meksiko, Vela bermain sebagai gelandang serang di belakang Javier Hernandez. Vela sudah mencetak satu gol melalui penalti ke gawang Korea Selatan.

Kendati demikian, Vela punya rapor yang baik di fase grup Piala Dunia 2018. Vela memiliki 2,7 tendangan ke gawang per laga, membuat 2,7 operan kunci, dan 2,3 dribel per pertandingan. Untuk mengadang Vela, Casemiro harus menempel ketat. Kemampuan Casemiro dalam mencuri bola bisa diandalkan dalam kesempatan kali ini.

6 Duel Kunci Brasil vs Meksiko di 16 Besar Piala Dunia 2018
5. Fagner vs Hirving Lozano

Hirving Lozano menjadi salah satu pemain kejutan di Piala Dunia 2018, terutama setelah mencetak gol ke gawang Jerman. Pergerakannya di sisi kiri Meksiko kerap membahayakan pertahanan lawan. Karena itu, Fagner harus benar-benar fokus dengan pemain 22 tahun tersebut.

6. Thiago Silva vs Javier Hernandez

Kilau Javier Hernandez tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun, melihat proses gol yang dicetaknya ke gawang Korea Selatan, pemain yang akrab disapa Chicharito itu tetap tidak bisa diremehkan. Bek tengah Brasil Thiago Silva harus konsentrasi mengawal pemain 30 tahun tersebut.

Chicharito mungkin bisa kalah dalam duel udara dengan Silva. Tetapi, jika Silva lengah, Hernandez memiliki penempatan posisi yang bagus untuk memberikan ancaman kepada Brasil. (sry/ptr)