Mourinho Sindir Aksi 'Teatrikal' Timnas Inggris

Haryanto Tri Wibowo, CNN Indonesia | Kamis, 05/07/2018 07:42 WIB
Mourinho Sindir Aksi 'Teatrikal' Timnas Inggris Timnas Inggris menang atas Kolombia di babak 16 besar Piala Dunia 2018. (REUTERS/Kai Pfaffenbach)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manajer Manchester United Jose Mourinho mengaku terkejut dengan aksi 'teatrikal' sejumlah pemain timnas Inggris saat mengalahkan Kolombia di babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Stadion Spartak, Rabu (4/7) dini hari WIB.

Inggris melangkah ke perempat final Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Kolombia lewat drama adu penalti. Sempat unggul melalui penalti Harry Kane, Inggris harus mnejalani adu penalti setelah Yerry Mina menyamakan kedudukan untuk Kolombia di pengujung babak kedua.

Laga Kolombia vs Inggris berlangsung panas. Wasit asal Amerika Serikat Mark Geiger mengeluarkan delapan kartu kuning dengan para pemain menunjukkan permainan agresif.


Pemain Kolombia Wilmar Barrios mendapat kartu kuning karena menanduk Jordan Henderson. Kapten Liverpool itu juga mendapat kartu kuning karena melanggar Mina.

Harry Maguire dikritik Jose Mourinho karena melakukan diving.Harry Maguire dikritik Jose Mourinho karena melakukan diving. (REUTERS/Carl Recine)
Mourinho yang menjadi komentator pertandingan Kolombia vs Inggris di Russia Today mengaku terkejut dengan tindakan sejumlah pemain The Three Lions. Salah satunya ketika bek Inggris Harry Maguire melakukan diving demi mendapatkan penalti.

Mourinho Sindir Aksi 'Teatrikal' Timnas Inggris
"Hal negatif menurut saya adalah fakta aksi teatrikal berlebihan dari sejumlah pemain. Saya terkejut melihat bek tengah seperti Harry Maguire, yang biasanya sosok jujur, melakukan diving dan meminta wasit melihat VAR," ujar Mourinho dikutip dari Independent.

"Setiap pemain melakukan banyak diving, banyak berpura-pura, banyak memberi tekanan ke wasit. Pertandingan kehilangan kualitas, dan bagi saya itu hal negatif," sambung The Special One.

Timnas Inggris menang adu penalti atas Kolombia.Timnas Inggris menang adu penalti atas Kolombia. (REUTERS/John Sibley)
Maguire sendiri mengatakan timnas Inggris hanya berusaha merespons usaha para pemain Kolombia yang ingin membuat tim asuhan Gareth Southgate frustrasi.

"Ini pertandingan gila. Mereka ingin membuat kami frustrasi, itu adalah rencana permainan mereka. Para pemain menunjukkan disiplin luar biasa, fokus pada pertandingan," ucap Maguire.

Inggris selanjutnya akan menghadapi Swedia pada babak perempat final Piala Dunia 2018 di Samara Arena, Sabtu (7/7). (har)