Komentari Wasit Kolombia vs Inggris, Maradona Ditegur FIFA

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Kamis, 05/07/2018 11:53 WIB
Komentari Wasit Kolombia vs Inggris, Maradona Ditegur FIFA Maradona saat mendukung tim Tango dalam laga Prancis vs Argentina, di Kazan Arena, Kazan, Rusia, 30 Juni. (REUTERS/Michael Dalder)
Jakarta, CNN Indonesia -- FIFA menegur dengan keras legenda Argentina Diego Maradona akibat komentarnya kepada wasit laga timnas Inggris vs Kolombia di babak 16 besar Piala Dunia 2018, Mark Geiger.

Setelah Inggris menang 4-3 lewat drama penalti, Maradona mengatakan Kolombia adalah korban ketidakadilan keputusan wasit. Mantan penyerang timnas Argentina ini menilai tak seharusnya timnas Inggris mendapat hadiah penalti yang dilesakkan Harry Kane pada menit ke-57.

Selain itu, Maradona juga mengkritik pimpinan komite wasit FIFA Pierluigi Collina yang memilih Geiger untuk memimpin pertandingan itu.


"Sindiran Maradona sepenuhnya tidak pantas dan sama sekali tidak berdasar. FIFA sangat menyesalkan pernyataan seperti itu dari seorang pemain yang bersejarah dalam dunia sepak bola," demikian pernyataan FIFA seperti yang dikutip dari Sky Sports pada Kamis (5/7).

Wasit Mark Geiger memberikan kartu kuning kepada pemain timnas Korea Selatan Son Heung-min.Wasit Mark Geiger memberikan kartu kuning kepada pemain timnas Korea Selatan Son Heung-min. (REUTERS/Pilar Olivares)
Meski Argentina sudah lebih dahulu gugur usai kalah dengan skor 3-2 dari Prancis, Mardona tetap hadir sebagai tamu VIP dalam laga Inggris vs Kolombia dan mengenakan jersey tim berjuluk Los Cafeteros itu.

"Saya prihatin kepada seluruh masyarakat Kolombia atas kekalahan ini. Saya bersorak bagi setiap gol Kolombia seperti saya menyundulnya dengan kepala sendiri," ucap Maradona.

Sebelumnya, Geiger beberapa kali mendapat protes dari sejumlah pemain Piala Dunia 2018. Geiger sempat mendapat kecaman dari gelandang timnas Maroko Nordin Amrabat karena meminta kostum Cristiano Ronaldo di tengah laga antara Portugal lawan Maroko. Namun, FIFA menyebut hal itu tak terbukti.

Selain itu, penyerang timnas Kolombia Radamel Falcao pun menuduh wasit 43 tahun itu telah membuat keputusan kontroversial dalam duel lawan Inggris.

Diego Maradona beraksi dalam pertandingan Nigeria vs Argentina, di Saint Petersburg Stadium, Saint Petersburg, Rusia, 26 JuniDiego Maradona beraksi dalam pertandingan Nigeria vs Argentina, di Saint Petersburg Stadium, Saint Petersburg, Rusia, 26 Juni. (REUTERS/Sergio Perez)
Sebab, dari total 36 pelanggaran yang terjadi di babak tersebut, 23 di antaranya merupakan pelanggaran dari Kolombia.

Usai menumbangkan Kolombia, Inggris berikutnya akan bertanding lawan Swedia di Cosmos Arena pada Sabtu (7/7) pukul 21.00 WIB. Pertandingan tersebut disiarkan langsung lewat saluran Trans TV dan Trans 7 sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2018. Cuplikan gol-gol dan highlight pertandingan juga bisa disaksikan di CNNIndonesia.com. (arh/har)