Akumulasi Kartu, Tiga Pemain Absen di 8 Besar Piala Dunia

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Kamis, 05/07/2018 17:55 WIB
Akumulasi Kartu, Tiga Pemain Absen di 8 Besar Piala Dunia Gelandang timnas Brasil Casemiro saat melawan Serbia, di Spartak Stadium, Moskow, Rusia, 27 Juni. (REUTERS/Kai Pfaffenbach)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tiga pemain pilihan utama di timnya masing-masing akan absen dari perempat final Piala Dunia 2018 akibat akumulasi kartu kuning.

Ketiga pemain tersebut antara lain Blaise Matudi dari timnas Prancis, Casemiro dari timnas Brasil, dan Mikael Lustig dari timnas Swedia.

Matuidi tidak bisa tampil melawan Uruguay di Stadion Nizhny Novgorod, 6 Juli. Ia mendapat akumulasi kartu kuning dari pertandingan Prancis lawan Peru dalam penyisihan Grup C dan lawan Argentina di babak 16 besar.


Senada, Casemiro tidak bisa main lawan Belgia dalam delapan besar di Kazan Arena, 6 Juli, lantaran kartu kuning yang ia dapat ketika lawan Swiss dan Meksiko di pertandingan sebelumnya di babak penyisihan Grup E dan 16 besar.

Pemain timnas Prancis Blaise Matuidi memprotes keputusan wasit dalam laga melawan Argentina, Kazan Arena, Kazan, Rusia, 30 Juni.Pemain timnas Prancis Blaise Matuidi memprotes keputusan wasit dalam laga melawan Argentina, Kazan Arena, Kazan, Rusia, 30 Juni. (REUTERS/Michael Dalder)
Nasib yang sama dialami Lustig yang tak dapat bermain lawan Inggris di Samara Arena, 7 Juli. Bek berusia 31 tahun ini mendapat kartu kuning secara beruntun dalam pertandingan sebelumnya lawan Meksiko dalam penyisihan Grup F dan Swiss dalam babak 16 besar.

Diketahui, aturan FIFA menyebut bahwa pemain yang terkena kartu kuning dua kali berturut-turut akan absen di pertandingan berikutnya akibat akumulasi dua kartu.

Pemain timnas Swedia Mikael Lustig berduel dengan pemain timnas Jerman Marco Reus, di Fisht Stadium, Sochi, Rusia, 23 Juni.Pemain timnas Swedia Mikael Lustig berduel dengan pemain timnas Jerman Marco Reus, di Fisht Stadium, Sochi, Rusia, 23 Juni. (REUTERS/Francois Lenoir)
Namun, ada aturan penghapusan riwayat kartu kuning untuk babak semifinal Piala Dunia. Syaratnya, pemain itu hanya mendapat satu kartu kuning pada babak 16 besar atau perempat final.

Hal itu tak bisa berlaku bagi pemain yang mendapatkan masing-masing satu kartu kuning pada babak 16 besar dan perempat final. Maka, pemain itu tidak bisa bermain dalam babak semifinal akibat akumulasi kartu kuning.

Sementara, ada sejumlah pemain dari tim yang bermain di babak perempat final yang sudah memiliki satu koleksi kartu. Pemain-pemain tersebut terancam tak bisa bertanding di babak semifinal jika mereka mendapat kartu di babak perempat final dan timnya melaju.

Akumulasi Kartu, Tiga Pemain Absen di 8 Besar Piala Dunia
Berikut ini adalah sejumlah pemain yang sudah mendapat satu kartu kuning sejak babak 16 besar dan terancam tak main di semifinal:

Uruguay: Rodrigo Bentacur

Perancis: Paul Pogba, Corentin Tolisso, Benjamin Pavard, Olivier Giroud

Brasil: Neymar, Philippe Coutinho, Filipe Luis

Belgia: Thomas Meunier, Jan Vertonghen, Kevin De Bruyne, Youri Tielemans dan Leander Dendoncker

Swedia: -

Inggris: Jordan Brian Henderson, Jesse Lingard

(arh/har)