MAN OF THE MATCH

Griezmann, Aktor di Balik Kemenangan Prancis atas Uruguay

Surya Sumirat, CNN Indonesia | Sabtu, 07/07/2018 05:00 WIB
Griezmann, Aktor di Balik Kemenangan Prancis atas Uruguay Antoine Griezmann sudah mencetak tiga gol di Piala Dunia 2018. (REUTERS/Damir Sagolj)
Jakarta, CNN Indonesia -- Antoine Griezmann menjadi bintang dalam kemenangan timnas Prancis saat menghadapi pertandingan Prancis vs Uruguay di babak perempat final Piala Dunia 2018 di Stadion Nizhny Novgorod, Jumat (6/7).

Griezmann mencetak satu gol dan memberikan assist untuk gol yang dicetak Raphael Varane di babak pertama. Kontribusi Griezmann itu cukup untuk mengantar Prancis lolos ke semifinal bertemu pemenang antara Brasil dan Belgia.

Meski mendominasi penguasaan bola, timnas Prancis sejatinya tidak terlalu bermain bagus. Permainan Griezmann juga tidak istimewa. Maklum, kedua tim terlihat sangat berhati-hati saat menekan lawannya.


Kendati demikian Prancis yang merupakan juara Piala Dunia 1998 itu bisa memanfaatkan kesempatan saat terjadi pelanggaran yang dibuat Rodrigo Bentancur terhadap Corentin Tolisso pada menit ke-38.

Pada menit ke-40, tendangan bebas kaki kiri Griezmann ke kotak penalti Uruguay langsung disambut sundulan Varane yang mengarah ke sisi kanan gawang La Celeste.

Tendangan keras Antoine Griezmann gagal diantisipasi dengan baik oleh Fernando Muslera.Tendangan keras Antoine Griezmann gagal diantisipasi dengan baik oleh Fernando Muslera. (REUTERS/Jason Cairnduff)
Griezmann juga hampir menambah keunggulan pada awal-awal babak kedua. Ketika itu kiper Uruguay Fernando Muslera terlalu lama memainkan bola di depan gawang. Griezmann pun segera berlari menjemput bola itu, sayangnya sontekan pemain 27 tahun itu tidak mengarah ke gawang lawan.

Dalam pertandingan tersebut Griezmann tidak segan-segan membantu pertahanan Les Bleus saat diserang Uruguay. Maklum, dalam empat pertandingan terakhir pelatih Prancis Didier Deschamps menempatkan pemain kelahiran Macon itu sebagai gelandang serang di belakang Olivier Giroud.

Griezmann juga sempat menjemput bola dari dua gelandang bertahan Prancis, N'Golo Kante dan Paul Pogba untuk mengalirkannya kembali ke Mbappe, Giroud atau Tolisso.

Griezmann memberikan umpan terukur untuk gol yang dicetak Raphael Varane.Griezmann memberikan umpan terukur untuk gol yang dicetak Raphael Varane. (REUTERS/Jason Cairnduff)
Jebolan akademi UF Maconnais itu akhirnya menambah keunggulan bagi Tim Ayam jantan pada menit ke-61. Mendapan operan pendek dari Tolisso, Griezmann langsung menembakkan bola ke gawang Uruguay.

Tembakan Griezmann itu terlihat spekulasi. Namun untungnya akurasi sepakan keras kaki kiri mantan pemain Real Sociedad itu mengarah ke gawang Fernando Muslera. Karena sedikit berputar, Muslera membuat blunder karena antisiapasinya mengakibatkan bola justru masuk ke gawang Uruguay.

Griezmann, Aktor di Balik Kemenangan Prancis atas Uruguay
Saat melawan Uruguay Griezmann melakukan 81 sentuhan, serta 58 operan. Ia juga hanya melepaskan dua tembakan, dengan satu on target yang akhirnya berbuah gol, dan membuat tiga operan kunci.

Sebelum Piala Dunia 2018 dimulai, striker Atletico Madrid itu awalnya digadang-gadang bakal tampil impresif di Piala Dunia 2018. Namun nyatanya performa Griezmann tidak terlalu istimewa.

Dalam tiga pertandingan di fase grup Griezman hanya mencetak satu gol itu pun terjadi dari titik penalti ketika Prancis menang tipis 2-1 atas Australia. Performa apik Griezmann justru baru terlihat saat menghadapi Uruguay, sekaligus menjadi pemain terbaik versi FIFA dalam laga tersebut. (bac)