Bus TransJakarta 'Disulap' Jadi Bus Pendukung Swedia

Ardita Mustafa, CNN Indonesia | Sabtu, 07/07/2018 20:25 WIB
Bus TransJakarta 'Disulap' Jadi Bus Pendukung Swedia Jelang laga Swedia vs Inggris di Piala Dunia Rusia 2018 pada Sabtu (7/7), Kedutaan Besar Swedia hadir dalam acara nonton bareng (nobar) di Lapangan Sunburst, BSD. (CNN Indonesia/Ardita Mustafa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jelang laga perempat final Piala Dunia 2018, sebuah Bus TransJakarta disulap menjadi kendaraan pengangkut pendukung Swedia. Bus bermerek Volvo itu dipasang sejumlah pernak-pernik Swedia.

Bus tersebut mengangkut rombongan Kedutaan Besar Swedia yang akan menonton pertandingan Swedia-Inggris yang diselenggarakan oleh Transmedia di Lapangan Sunburst, Bumi Serpong Damai Tangerang Selatan, Sabtu (7/7).

Kedutaan Besar Swedia di Indonesia 'mengekspor' ekspatriat dan staf perusahaan Swedia di Jakarta untuk nonton bareng bersama mereka di sana.


Sekertaris Kedubes Swedia untuk Indonesia Robert Lejon mengatakan acara nonton bareng ini menjadi ajang reuni ekspatriat Swedia di Jakarta.

CNNIndonesia.com yang ikut dalam trip diminta hadir pukul 18.00 WIB di Kantor Kedubes Swedia karena bus yang mengantar bakal berangkat tepat pukul 18.30 WIB.
Tepat pukul 18.00 WIB, sebuah bus TransJakarta bermerek Volvo tiba di Kedutaan. Bus Transjakarta yang akan membawa pendukung timnas Swedia ke BSD dipasangi sejumlah atribut dan stiker Swedia, mulai dari bendera sampai gambar wajah sang Duta Besar Johanna Brismar Skoog.

"Yang berangkat dari sini mungkin tidak banyak, karena yang lain akan langsung datang ke BSD," kata Lejon saat berada di dalam bus.
Bus TransJakarta 'Disulap'  Jadi Bus Pendukung SwediaJelang laga Swedia vs Inggris di Piala Dunia Rusia 2018 pada Sabtu (7/7). (CNN Indonesia/Ardita Mustafa)
Menurutnya, mereka memilih bus karena ingin memberikan pesan khusus. "Kami datang naik bus sekaligus ingin mengenalkan tradisi orang Swedia yang lebih gemar naik kendaraan umum," lanjutnya.

Tawa dan canda mewarnai perjalanan di atas bus menuju BSD. Yang pria berbincang mengenai prediksi, yang wanita sibuk menghias wajah dengan lukisan bendera tim Blagult, kuning dan biru.

"How Swedes (sweet) it is if we can win! (Betapa senangnya jika kami bisa menang)," canda para pria yang ikut dalam bus.

Dubes Johanna mengatakan kalau dirinya tak menyangka jika negaranya bisa masuk perempat final dalam Piala Dunia tahun ini.

"Sebenarnya saya tak menyangka Swedia bisa sampai ke babak ini. Tapi saya merasa senang dan akan tetap mendukung mereka apapun yang terjadi malam ini, karena saya tahu Inggris merupakan tim yang tangguh," katanya sambil tersenyum.
(ugo/ugo)