9 Fakta Jelang Kroasia vs Inggris di Semifinal Piala Dunia

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Rabu, 11/07/2018 10:19 WIB
9 Fakta Jelang Kroasia vs Inggris di Semifinal Piala Dunia Skuat timnas Inggris saat melawan Swedia di perempat final Piala Dunia 2018. (REUTERS/David Gray)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Kroasia akan berhadapan dengan Inggris di semifinal Piala Dunia 2018 yang digelar di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia, Kamis (12/7) pukul 01.00 WIB.

Kroasia lolos ke fase semifinal usai mengalahkan tuan rumah lewat adu penalti yang berakhir dengan skor 4-3 di Stadion Olimpiade Fisht, Sabtu (7/7). Di hari yang sama waktu setempat, Inggris melaju usai memulangkan Swedia dengan skor telak 2-0 di Samara Arena.

Selain Belgia, Tim berjuluk Vatreni itu bakal menjadi lawan terberat yang pernah ditemui Inggris di sepanjang perjalanannya di Piala Dunia 2018. Kroasia sendiri akan berhadapan dengan The Three Lions yang berambisi untuk memulangkan trofi Piala Dunia untuk pertama kali ke negara asalnya sejak 1966.


Para pemain timnas Kroasia merayakan kemenangan atas Rusia di babak perempat final.Para pemain timnas Kroasia merayakan kemenangan atas Rusia di babak perempat final. (REUTERS/Henry Romero)
Berikut fakta menarik jelang semifinal Kroasia vs Inggris di Piala Dunia 2018:

1. Inggris memenangkan empat dari tujuh pertemuannya dengan Kroasia. Empat kemenangan Inggris diraih di enam pertemuan terakhir. Pertemuan pertama keduanya yang dihelat di Wembley Arena, April 1996, berakhir imbang. Dua pertemuan lain dimenangkan Kroasia.

Bintang timnas Kroasia Davor Suker saat menembus babak semifinal Piala Dunia 1998.Bintang timnas Kroasia Davor Suker saat menembus babak semifinal Piala Dunia 1998. (AFP PHOTO / VINCENT AMALVY)
2. Ini adalah semifinal ketiga Inggris di Piala Dunia atau yang pertama sejak Piala Dunia 1990 saat kalah adu penalti atas Jerman Barat. Inggris pertama kali menang laga semifinal di Piala Dunia 1966 melawan Portugal, sekaligus meraih gelar juara perdananya.

3. Sebanyak 17 dari 23 pemain Timnas Inggris saat ini belum lahir saat The Three Lions lolos ke semifinal Euro 1996.

4. Ini jadi semifinal kedua bagi Kroasia di Piala Dunia. Semifinal perdana mereka terjadi di Piala Dunia 1998.

5. Satu-satunya kekalahan Kroasia di Piala Dunia 1998 terjadi di semifinal dari Prancis. Saat ini, Kroasia juga tidak terkalahkan dalam 5 pertandingan Piala Dunia 2018 (3 kemenangan, 2 imbang dalam waktu normal).

Para pemain timnas Inggris merayakan kemenangan dalam adu penalti lawan Kolombia di babak 16 besar.Para pemain timnas Inggris merayakan kemenangan dalam adu penalti lawan Kolombia di babak 16 besar. (REUTERS/Christian Hartmann)
6. Kroasia menjadi satu-satunya tim yang memenangkan adu penalti dalam satu gelaran Piala Dunia secara berturut-turut, yakni saat menang atas Denmark dan Rusia, sejak Argentina melakukannya pada 1990.

7. Sebanyak 3 dari 4 gol atau 75 persen gol ke gawang Kroasia berasal dari bola mati. Sementara, Kroasia hanya punya tiga dari 10 gol yang berasal dari bola-bola mati. Tujuh lainnya berasal dari permainan terbuka.

Harry Maguire mencetak gol sundulan dari sepak pojok saat melawan Swedia.Harry Maguire mencetak gol sundulan dari sepak pojok saat melawan Swedia. (REUTERS/Michael Dalder)
8. Sebanyak 8 dari 11 gol Inggris di Rusia atau sekitar 73 persen berasal dari bola mati. Itu jadi catatan terbanyak sejak Portugal membuat catatan yang sama pada 1966.

9. Enam gol Harry Kane di Piala Dunia 2018 menjadikannya top scorer kedua di sembilan gelaran Piala Dunia sebelumnya. Hanya Ronaldo de Lima yang mencetak lebih banyak (delapan gol untuk Brasil pada 2002).

(arh/ptr)