Martinez: Thierry Henry Lengkapi Belgia di Piala Dunia 2018

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Selasa, 10/07/2018 13:44 WIB
Martinez: Thierry Henry Lengkapi Belgia di Piala Dunia 2018 Asisten pelatih timnas Belgia Thierry Henry, di London, 2015. (AFP PHOTO / GLYN KIRK)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Timnas Belgia Roberto Martinez menyebut keberadaan Thierry Henry sebagai asisten pelatih melengkapi kekurangan timnya di Piala Dunia 2018. Hal itu juga memberikan keuntungan saat Belgia berhadapan dengan Prancis.

Kedua tim dijadwalkan beremu di laga semifinal Piala Dunia 2018 di Stadion Krestovsky, Rusia, Rabu (11/7) 01.00 WIB.

"Dia [Henry] adalah seorang pelatih. Dedikasinya, perhatian terhadap detail, dan berusaha membantu setiap pemain di skuat ini. Jadi, dia adalah bagian yang paling penting yang melengkapi staf teknis kami," ujar Martinez, dikutip dari AFP.


Henry merupakan mantan pemain timnas Prancis yang sampai saat ini memegang predikat sebagai top skorer Les Blues dengan 51 gol.

Pelatih timnas Belgia Roberto Martinez usai mengalahkan Jepang di babak 16 besar.Pelatih timnas Belgia Roberto Martinez usai mengalahkan Jepang di babak 16 besar. (REUTERS/Sergio Perez)
Mantan pemain Arsenal ini juga menjadi bagian skuat Tim Ayam Jantan saat menjadi juara di Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000. Henry bergabung dengan staf kepelatihan timnas Belgia di bawah kendali Martinez pada 2016.

Selain aspek teknis, Henry juga dinilai melengkapi Belgia dalam hal pengalaman internasional. Martinez menyebut jam terbang Henry dalam menghadapi momen di akhir turnamen yang penuh tekanan menjadi salah satu kelebihan yang tak dimiliki staf di timnas Belgia lainnya.

Henry saat masih berseragam Arsenal (kanan).Henry saat masih berseragam Arsenal (kanan). (AFP PHOTO / ODD ANDERSEN)
"Apa yang tidak kami punya adalah pengalaman internasional; pengetahuan bagaimana cara memenangkan Piala Dunia, bagaimana menjadi pemain sepakbola, bagaimana saat Anda diharapkan tampil di depan dunia dan tahu kalau Anda bisa merasakan momen tersebut," tutur Martinez.

Keberadaan Henry di Timnas Belgia pun dianggap aneh oleh striker Prancis Olivier Giroud. Ia seolah ingin menyebut bahwa Henry telah memilih tempat yang salah karena berada di tim lawan saat Prancis berhadapan dengan Belgia.

Mental Pemenang

Gelandang timnas Belgia Kevin De Bruyne memuji Martinez yang dianggap berhasil menanamkan mental juara ke dalam skuat Belgia.

Martinez: Thierry Henry Lengkapi Belgia di Piala Dunia 2018
"Dia membawa kami lebih erat dalam kebersamaan dan lebih yakin untuk memenangkannya [Piala Dunia 2018]. Mungkin di Piala Dunia atau Euro [sebelumnya] beberapa pemain tidak memiliki perasaan menang sama sekali," ungkapnya.

Kevin De Bruyne merayakan gol ke gawang Brasil.Kevin De Bruyne merayakan gol ke gawang Brasil. (REUTERS/John Sibley)
Menurut pemain Manchester City itu, Martinez mendesak para pemainnya untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan seumur hidup untuk menjadi generasi pertama Belgia yang mencapai final Piala Dunia.

"Sekarang ada lebih banyak perasaan saling percaya untuk tampil lebih baik dari sebelumnya. Ketika Anda di sini, Anda ingin terus sampai akhir," tandas De Bruyne.

(arh/ptr)