Belgia Lebih Tajam, Prancis Lebih Sedikit Bobol

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Selasa, 10/07/2018 17:04 WIB
Belgia Lebih Tajam, Prancis Lebih Sedikit Bobol Eden Hazard dan Romelu Lukaku menjadi pemain yang menyumbang lebih dari satu gol untuk Belgia di Piala Dunia 2018. (REUTERS/Kai Pfaffenbach)
Jakarta, CNN Indonesia -- Belgia yang tercatat sebagai tim tertajam di Piala Dunia 2018 akan berhadapan dengan Prancis yang memiliki jumlah kebobolan lebih sedikit, di laga semifinal.

Skuat Belgia yang kerap digadang-gadang sebagai generasi emas tersebut telah memproduksi 14 gol dalam lima pertandingan.
Ujung tombak Red Devils, Romelu Lukaku, menjadi pemain dengan gol terbanyak di skuat dengan empat gol yang dicetak sepanjang fase grup.

Sementara, Eden Hazard menjadi pencetak gol terbanyak kedua dengan dua gol.
Prancis kebobolan empat kali dalam lima pertandingan Piala Dunia 2018.Prancis kebobolan empat kali dalam lima pertandingan Piala Dunia 2018. (REUTERS/Carlos Barria)
Distribusi gol Belgia terbilang cukup merata. Selain Lukaku dan Hazard, terdapat tujuh pemain lain yang mencetak gol di Rusia 2018.

Dari 14 gol tersebut, separuh di antaranya berasal dari open play. Sementara, tiga gol berasal dari situasi serangan balik, dua dari bola mati, dan satu dari tendangan penalti. Selain itu, Belgia juga mendapat satu gol dari pemain Brasil Fernandinho di babak perempat final.
Belgia Lebih Tajam, Prancis Lebih Sedikit Bobol
Meski sudah mencetak 14 gol dan menjadi tim tersubur di Piala Dunia kali ini, jumlah gol Belgia masih terpaut jauh dari Hungaria yang membukukan 27 gol dalam Piala Dunia 1954 dan memegang rekor tim tersubur dalam satu edisi Piala Dunia.

Sementara, Prancis tercatat sebagai negara dengan jumlah gol paling minim di antara empat semifinalis Piala Dunia 2018. Tim Ayam Jantan hanya mencetak sembilan gol, tiga di fase grup dan enam di fase gugur.
Kylian Mbappe dan Antoine Griezmann menjadi top skor Prancis dengan tiga gol. Selain itu dua pemain belakang Raphael Varane dan Benjamin Pavard tercatat mengoleksi satu gol dan satu gol bunuh diri dari Australia atas nama Aziz Behich masuk dalam rekening gol Prancis.


Kendati memiliki jumlah gol yang kalah banyak ketimbang Belgia, Prancis mempunyai catatan kebobolan yang lebih baik. Gawang Hugo Lloris baru empat kali bobol, sementara gawang Thibaut Courtois sudah lima kali kemasukan bola.

(arh)