FA Berharap Jumlah Suporter Inggris Meningkat 300 Persen

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Rabu, 11/07/2018 12:11 WIB
FA Berharap Jumlah Suporter Inggris Meningkat 300 Persen Timnas Inggris akan berhadapan dengan Kroasia di semifinal Piala Dunia 2018. (REUTERS/Michael Dalder)
Jakarta, CNN Indonesia -- Federasi Sepak Bola Inggris (FA) berharap 10 ribu suporter datang ke Stadion Luzhniki di Moskow untuk menyaksikan laga semifinal Piala Dunia 2018 yang mempertemukan Inggris dengan Kroasia, Kamis (12/7).

Ini adalah semifinal kedua untuk Inggris setelah Piala Dunia 1990, dan yang ketiga secara keseluruhan.

Dilansir Telegraph, diperkirakan total £30 juta atau sekitar Rp572 miliar akan dihabiskan ribuan suporter Inggris untuk memberikan dukungan.
FA Berharap Jumlah Suporter Inggris Meningkat 300 Persen

Harga tiket pertandingan dibanderol sekitar £650 atau sekitar Rp12 juta di situs-situs dalam jaringan. Angka itu diprediksi akan terus meningkat sesaat jelang pertandingan dimulai. Selain tiket, suporter Inggris juga harus merogoh biaya penerbangan dan akomodasi yang ditaksir mencapai £3 ribu atau sekitar Rp57 juta.


Sejak Piala Dunia 2018 dimulai, jumlah suporter The Three Lions paling banyak hadir saat laga melawan Kolombia yaitu mencapai lebih dari 3000 penonton pada laga yang digelar di Otkritie Arena, Moskow.
Suporter Inggris akan meneriakkan dukungan untuk timnya di semifinal Piala Dunia 2018. Suporter Inggris akan meneriakkan dukungan untuk timnya di semifinal Piala Dunia 2018. (REUTERS/Henry Nicholls)

Penduduk asli Rusia juga diprediksi bakal membela The Three Lions saat jumpa Kroasia nanti. Hal ini terutama setelah terjadi insiden bek Kroasia Domagoj Vida yang meneriakkan 'Jayalah Ukraina' usai timnya menang adu penalti dari tuan rumah Rusia di babak perempat final lalu.

Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate sampai saat ini mengindikasikan tidak ada perubahan nama pemain pada laga semifinal melawan Kroasia nanti.

Gareth Southgate adalah pelatih ketiga sepanjang sejarah yang bisa membawa The Three Lions ke semifinal Piala Dunia 2018. Gareth Southgate adalah pelatih ketiga sepanjang sejarah yang bisa membawa The Three Lions ke semifinal Piala Dunia 2018. (REUTERS/Lee Smith)
Di sisi lain, Southgate sampai saat ini belum menyebutkan nama pemain yang bakal diturunkannya saat menghadapi Kroasia. Namun, kemungkinan besar Southgate bakal menurunkan tim yang sama ketika Inggris mengalahkan Swedia di perempat final, jika tidak ada pemain utamanya yang cedera atau perubahan lain.

Gelandang Inggris, Jordan Henderson, disebut sudah mulai ikut berlatih meskipun cedera hamstring masih menghantuinya saat berhadapan dengan Swedia. Sementara kiper Jordan Pickford telah memulihkan cedera pada ibu jari. (sry)