Lagu Football's Coming Home Menggema di Rusia

Jun Mahares, CNN Indonesia | Rabu, 11/07/2018 15:16 WIB
Lagu Football's Coming Home Menggema di Rusia Lagu Football's Coming Home dari Lightning Seeds kembali menggema. (REUTERS/Carl Recine)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setiap kali timnas Inggris akan tampil di turnamen besar, saat itu pula lagu 'Football's Coming Home' dari The Lightning Seeds berkumandang. Kali ini, ia kembali menggema di Piala Dunia 2018!

Lagu tersebut sebenarnya lahir menjelang Piala Eropa 1996 bergulir. Liriknya juga bukan berbicara mengenai prestasi mentereng Inggris. Maklum, Inggris miskin prestasi di kejuaraan bergengsi.

Satu-satunya gelar yang bisa diraih mereka adalah trofi Jules Rimet 1966. Sejak itulah trofi bergengsi empat tahunan tak pernah kembali pulang ke tanah Britania.


Lightning Seeds bersama dua komedian, Frank Skinner dan David Baddiel, menangkap fenomena kegetiran fan Inggris dengan sempurna. Mereka membuat lagu yang tepat meski diselingi guyonan dalam video klip yang dibuatnya.

Suporter timnas Inggris berharap tim kesayangannya meraih gelar juara di Piala Dunia 2018.Suporter timnas Inggris berharap tim kesayangannya meraih gelar juara di Piala Dunia 2018. (REUTERS/Gleb Garanich)
Liriknya justru bercerita soal rangkaian kegagalan Inggris di turnamen besar. Namun, ia menggambarkan bagaimana fan Inggris selalu ngotot dan optimis tim kebanggaanya bisa juara.

Kalimat "We still believe - It's coming home" yang dinyanyikan berulang-ulang membuatnya mudah diingat.

Lagu dari band brit pop era 90-an itu tak pernah lekang oleh waktu. Express bahkan melaporkan, lagu tersebut saat ini berhasil memuncaki tangga lagu papan atas di belantika musik Inggris.

Lagu Football's Coming Home Menggema di Rusia
Jargon sepak bola pulang ke rumah memang terkesan arogan. Apalagi klaim Inggris sebagai penemu olahraga sepak bola masih jadi perdebatan lantaran China juga sempat mengklaim sebagai penciptanya.

Namun, bukan fan Inggris namanya jika tak berisik di dalam maupun luar stadion. Lagu Football's Coming Home semakin menggema setelah Inggris sukses mengalahkan Swedia di perempat final.

Para Hooligans -julukan fan Inggris- semakin lantang menyanyikan lagu itu di tiap sudut jalan, kafe, maupun di sejumlah tempat-tempat umum di Rusia. Kemeriahan tersebut lebih meriah lagi digelar di setiap sudut di Inggris.

Inggris akan menghadapi Kroasia di semifinal, Kamis (12/7) dini hari WIB. Jika berhasil menang, maka mimpi publik Britania untuk melihat trofi Piala Dunia kembali ke rumah semakin terbuka lebar dan kalimat It's Coming Home semakin lantang dikumandangkan. (nva)