Deschamps Puji Mental Skuat Prancis saat Kalahkan Belgia

Surya Sumirat, CNN Indonesia | Rabu, 11/07/2018 07:46 WIB
Deschamps Puji Mental Skuat Prancis saat Kalahkan Belgia Didier Deschamps senang dengan mental timnas Prancis saat kalahkan Belgia 1-0. (REUTERS/Pilar Olivares)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih timnas Prancis Didier Deschamps memuji mental para pemainnya yang bisa mengalahkan Belgia 1-0 di babak semifinal Piala Dunia 2018 di Stadion Saint Petersburg, Rabu (11/7) dini hari.

Dalam pertandingan tersebut Prancis kalah dalam penguasaan bola. Belgia memiliki 60 persen penguasaan, sementara Prancis hanya 40 persen. The Red Devils juga memiliki akurasi operan mencapai 90 persen, sedangkan Prancis 86 persen.

Kendati demikian, Les Bleus memiliki percobaan gol yang lebih baik dengan melepaskan 19 tembakan dengan delapan di antaranya tepat sasaran, dan salah satunya berbuah gol Samuel Umtiti menit ke-51 memanfaatkan tendangan penjuru Antoine Griezmann.


"Itu luar biasa. Saya sangat senang dengan para pemain, kami menunjukkan karakter dan mental yang bagus. Pertandingan itu sangat sulit bagi kami. Kami bekerja sangat keras," ujar Deschamps dikutip dari Reuters.

Prancis sudah empai kali mencapai final turnamen utama sejak menjuarai Piala Dunia 2018.Prancis sudah empai kali mencapai final turnamen utama sejak menjuarai Piala Dunia 2018. (REUTERS/Michael Dalder)
Deschamps juga mengakui Les Bleus memiliki sedikit keuntungan dalam serangan balik. Pencapaian Prancis ke final disebut Deschamps sebagai jasa dari semua pihak.

Sementara dikutip dari situs resmi FIFA, Deschamps mengatakan mental timnya untuk bisa ke final seperti saat mendaki gunung. Ini merupakan final keempat Prancis di turnamen utama setelah final Piala Dunia 1998.

Deschamps Puji Mental Skuat Prancis saat Kalahkan Belgia
Hanya saja pada tiga final sebelumnya, di antaranya Piala Dunia 2006, Tim Ayam Jantan harus puas sebagai runner up.

"Kemajuan mereka sangat besar. Para pemain hari ini akan menjadi lebih kuat dalam waktu dua tahun dan dalam waktu empat tahun, tetapi hari ini mereka sudah kompetitif. Kami tidak melakukan segalanya dengan benar tetapi tentu saja ada perkembangan," Deschamps menuturkan.

Di final Piala Dunia 2018 yang digelar Luzhniki, Minggu (15/7) waktu setempat, timnas Prancis akan menghadapi pemenang laga Kroasia vs Inggris yang akan tampil pada Kamis (12/7) dini hari.

(arh)