Southgate: Kroasia Ujian Terberat Inggris di Piala Dunia

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Rabu, 11/07/2018 13:35 WIB
Southgate: Kroasia Ujian Terberat Inggris di Piala Dunia Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate, di Samara Arena, Samara, Rusia, 7 Juli. (REUTERS/Lee Smith)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate memperingatkan pemainnya bahwa Kroasia bakal jadi ujian terberat Inggris selama bertarung di Piala Dunia 2018.

The Three Lions sudah tampil di lima pertandingan di Piala Dunia 2018. Hasilnya, dua kemenangan di fase grup saat menghadapi Tunisia dan Panama serta satu kekalahan dari Belgia.

Di babak 16 besar Harry Kane dan kawan-kawan menang atas Kolombia lewat drama adu penalti disusul kemenangan 2-0 atas Swedia di perempat final. Hasil itu membuat Inggris jumpa Kroasia untuk berebut tempat di final yang bakal digelar di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis (12/7) WIB.


Para pemain senior Kroasia Mateo Kovacic, Ivan Rakitic, dan Mario Mandzukic.Para pemain senior Kroasia Mateo Kovacic, Ivan Rakitic, dan Mario Mandzukic. (REUTERS/Lucy Nicholson)
Sebagai pelatih, Southgate paham betul jajaran pemain andalan yang dimiliki lawannya, yakni Luka Modric, Ivan Rakitic, dan Mario Mandzukic.

"Mereka [Kroasia] akan menjadi tim terbaik yang akan kami hadapi lewat apa yang mereka bisa lakukan dengan bola dan apa yang mereka lakukan secara individual pastinya," kata Southgate dikutip dari Sky Sports.

Bintang timnas Kroasia Luka Modric.Bintang timnas Kroasia Luka Modric. (REUTERS/Maxim Shemetov)
Tetapi Southgate mengaku tidak mau memusingkan hal tersebut. Bagi timnya, kemenangan atas Kroasia adalah kesempatan untuk menciptakan sejarah untuk Inggris.

"Kami harus mengatasi rintangan dan saya tahu kami berbicara tentang kesuksesan tim muda. Tapi kali ini lebih sulit, kami berada di level yang lebih tinggi untuk pemain dan keyakinan dibangun dari apa yang telah terjadi," tuturnya.

Marcus Rashford (kanan) mewakili generasi baru di timnas Inggris.Marcus Rashford (kanan) mewakili generasi baru di timnas Inggris. (REUTERS/Dylan Martinez)
"Semakin banyak ujian yang bisa kami lalui, semakin baik. Tidak hanya untuk saat ini, tetapi ke depannya," tambah dia.

Perjalanan Inggris ke semifinal Piala Dunia 2018 adalah kali pertama sejak 1990. Kesuksesan Inggris kali ini mencuri perhatian dunia. Southgate menyebut apa pun hasil yang akan diraih timnya tidak akan mengubah dirinya.

Southgate: Kroasia Ujian Terberat Inggris di Piala Dunia
"Apa pun hasilnya, menang atau kalah, hidupku tidak akan berubah. Saya akan pulang, berlari bersama anjing-anjingku, menghilang di Yorkshire. Tapi tentu ini kesempatan untuk bisa terlibat di sesuatu hal yang sangat istimewa," terang Southgate. (arh/sry)