Federer Kalah di Perempat Final Wimbledon 2018

Haryanto Tri Wibowo, CNN Indonesia | Rabu, 11/07/2018 23:59 WIB
Federer Kalah di Perempat Final Wimbledon 2018 Roger Federer dikalahkan Kevin Anderson dalam pertandingan lima set. (REUTERS/Andrew Boyers)
Jakarta, CNN Indonesia -- Unggulan pertama dan juara bertahan Roger Federer terhenti di perempat final Wimbledon 2018 setelah dikalahkan petenis asal Afrika Selatan Kevin Anderson di Lapangan 1 All England Lawn Tennis and Croquet Club, Rabu (11/7).

Federer membuang keunggulan dua set saat melawan Anderson. Petenis asal Swiss itu sempat unggul 6-2 dan 7(5)-6 atas Anderson sebelum sang lawan bangkit. Anderson yang merupakan unggulan kedelapan kemudian bangkit dan merebut tiga set terakhir 7-5, 6-4, dan 13-11 dalam pertandingan berdurasi empat jam dan 13 menit.

Kekalahan Federer dari Anderson merupakan kejutan terbesar Wimbledon 2018 sejauh ini. Terlebih Federer sebelumnya selalu menang atas Anderson dari empat pertemuan melawan petenis 32 tahun tersebut.


Dikutip dari Reuters, Anderson menjadi petenis pertama asal Afrika Selatan yang mampu melangkah ke babak semifinal Wimbledon sejak Kevin Curren pada 1983.

Roger Federer membuang keunggulan dua set melawan Kevin Anderson.Roger Federer membuang keunggulan dua set melawan Kevin Anderson. (REUTERS/Andrew Boyers)
"Saya berusaha sebaik mungkin untuk terus berjuang. Mengalahkan Federer di Wimbledon tentunya salah satu pertandingan yang akan selalu saya kenang. Saya terus berusaha percaya diri. Anda harus terus fokus melawan Federer di lapangan," ujar Anderson dikutip dari Telegraph.

Kevin Anderson untuk kali pertama melangkah ke semifinal Wimbeldon.Kevin Anderson untuk kali pertama melangkah ke semifinal Wimbeldon. (REUTERS/Andrew Boyers)
Ini adalah kekalahan tercepat Federer di ajang Grand Slam Wimbledon sejak kalah mengejutkan di babak kedua dari Sergiy Stakhovsky pada 2013. Kekalahan Federer membuat Rafael Nadal (2) menjadi petenis unggulan tertinggi sejauh ini.

Di babak semifinal Anderson akan menghadapi pemenang antara Milos Raonic melawan John Isner. Prestasi terbaik Anderson di Grand Slam adalah mencapai final Amerika Serikat Terbuka pada 2017. (jun)