Mourinho Sarankan FA Pertahankan Southgate di Timnas Inggris

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Jumat, 13/07/2018 01:10 WIB
Mourinho Sarankan FA Pertahankan Southgate di Timnas Inggris Pelatin Man United Jose Mourinho meminta FA mempertahankan Southgate. (Reuters/John Sibley)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Manchester United Jose Mourinho meminta Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) mempertahankan Gareth Southgate di kursi pelatih timnas Inggris meskipun gagal membawa The Three Lions ke final Piala Dunia 2018.

"Jika saya jadi pejabat di FA [Federasi Sepak Bola Inggris], tidak akan ada keraguan untuk saya melanjutkan kinerja Gareth Southgate dan Steve Holland untuk membawa tim ke Piala Eropa dan Piala Dunia berikutnya," ucap pelatih yang dijuluki The Special One itu, dikutip dari Express.

Inggris sendiri tersingkir di babak semifinal Piala Dunia 2018 usai dikalahkan Kroasia 1-2 melalui babak tambahan waktu di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis (12/7).


Meski tak lolos ke final, hasil itu membawa The Three Lions menyamai hasil yang diraihnya 20 tahun lalu, tepatnya di Piala Dunia 1990 di Italia. Hal itu disebut membawa nuansa yang bagus buat masyarakat sepak bola Inggris.

Gareth Southgate dinilai berhasil dalam menangani timnas yang dihuni banyak pemain muda.Gareth Southgate dinilai berhasil dalam menangani timnas yang dihuni banyak pemain muda. (REUTERS/Lee Smith)
"Inggris punya alasan untuk menangis karena mereka begitu dekat [dengan final Piala Dunia], tetapi mereka juga punya alasan untuk optimistis," kata dia, kepada RT.

Menurut Mourinho, banyak hal positif yang bisa diambil dari penampilan timnas Inggris di Piala Dunia 2018. Level permainan tim disebut mengalami peningkatan dibanding sebelumnya dan akan semakin matang di turnamen berikutnya.

Terlebih, komposisi pemain di skuat The Three Lions mayoritas pemain muda yang masih bisa dimainkan di edisi Piala Dunia selanjutnya. Didukung dengan performa dan pengalaman di level klub.

"Tim ini punya keterikatan lebih dibandingkan laga sebelumnya. Mereka pemain muda. Mayoritasnya akan bermain lagi di Piala Dunia berikutnya dengan pengalaman lebih banyak di klub," ucapnya.

Southgate dan Raheem Sterling dalam laga melawan Swedia di babak perempat final.Southgate dan Raheem Sterling dalam laga melawan Swedia di babak perempat final. (REUTERS/David Gray)
Semua pemain dan semua orang yang terlibat di Piala Dunia atas nama Inggis, lanjut Mourinho, punya alasan kuat untuk bangga. Inggris masih memiliki kesempatan tampil dalam perebutan peringkat ketiga bersama dengan Belgia pada laga yang digelar di Stadion Krestovsky, Sabtu (14/7).

"Para pemain, seluruh skuat yang terlibat dalam Piala Dunia, patut pulang dengan kepala tegak usai memberikan segalanya dan membuat negara bangga," ucap pelatih asal Portugal itu.

Mourinho Minta FA Pertahankan Southgate di Timnas Inggris
Southgate ditunjuk sebagai pelatih Timnas Inggris pada 27 September 2016 setelah disingkirkan Islandia di babak 16 besar Piala Eropa. Kehadiran Southgate disambut pesimisme suporter.

Nyatanya, Inggris bisa melaju sampai semifinal Piala Dunia 2018 dan sukses membangkitkan kembali demam 'It's coming home'.

"Kami telah melalui perjalanan yang sangat panjang dalam waktu singkat. Kami sampai di posisi yang tidak kami bayangkan. Malam ini kami bermain tidak cukup baik, tetapi tim lawan lebih kuat. Kami sangat dekat dengan apa yang tidak terbayangkan di awal [final Piala Dunia]," ucap Southgate. (arh/jun)