Inggris Raih Predikat 'Si Raja Korner' di Piala Dunia 2018

Surya Sumirat, CNN Indonesia | Jumat, 13/07/2018 07:39 WIB
Inggris Raih Predikat 'Si Raja Korner' di Piala Dunia 2018 Gol Harry Maguire ke gawang Swedia lahir dari sepak pojok. (REUTERS/David Gray)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Inggris akan pulang ke rumah dengan membawa predikat 'Si Raja Korner' meski gagal menjadi juara Piala Dunia 2018 usai kalah 1-2 dari Kroasia di babak semifinal di Stadion Luzhniki.

Mantan pelatih timnas Skotlandia, Andy Roxburgh, yang juga menjadi bagian dari FIFA Technical Study Group bersama Marco van Basten, dan Carlos Alberto Parreira memuji timnas Inggris dalam memanfaatkan bola-bola mati.

Di Piala Dunia 2018 Inggris mencetak 12 gol dalam enam pertandingan, yang sembilan di antaranya diciptakan dari proses set piece. Namun The Three Lions kebobolan enam gol termasuk dua gol oleh Kroasia yang menggagalkan ambisi mereka menjadi juara Piala Dunia.


"Di Piala Dunia ini, perhatian terhadap detail dalam permainan cukup menonjol. Di Piala Eropa 2016 dan bahkan di Liga Champions 2018, satu gol dicetak dari 45 korner. Di sini di Rusia, terjadi satu gol dari setiap 30 korner," ujar Roxburgh dikutip dari The Sun.

Menurut Roxburgh satu gol dari 30 tendangan sudut itu menunjukkan efisiensi yang dilakukan peserta Piala Dunia 2018 dalam memanfaatkan peluang. Kondisi itu diakui Roxburgh tidak terlepas dari kecepatan dalam beraksi dan berpikir.

Kieran Trippier mencetak gol ke gawang Kroasia melalui tendangan bebas.Kieran Trippier mencetak gol ke gawang Kroasia melalui tendangan bebas. (REUTERS/Carl Recine)
"Gareth Southgate menjadi yang paling terdepan dalam hal ini. Sembilan dari gol yang mereka cetak datang dari cara ini. Inggris menjadi raja korner yang menunjukkan pengaruh mereka," ucap Roxburgh.

Pria 74 tahun itu juga menyebut permainan tim-tim peserta Piala Dunia 2018 dipengaruhi gaya Pep Guardiola. Hal itu terlihat dari cara tim saat bermain menekan, menyerang dengan atau tanpa bola, dan dalam menjaga bola.

Inggris Raih Predikat 'Si Raja Korner' di Piala Dunia 2018
"Banyak pemain terbaik di sini, di Rusia yang bermain di Liga Champions. Dalam kompetisi itu Anda melihat pengaruh Pep Guardiola di Barcelona, Bayern Munchen, dan kini di Manchester City," Roxburgh menuturkan.

Selain berjuluk Si Raja Korner, The Three Lions juga masih bisa membawa pulang predikat peringkat ketiga Piala Dunia 2018 dan gelar top skor yang kemungkinan diraih Harry Kane. Di perebutan peringkat ketiga Inggris akan menghadapi Belgia di Stadion Saint Petersburg, Sabtu (14/7) waktu setempat. (sry)