Piala Dunia 2022 di Qatar Digelar November-Desember

Jun Mahares, CNN Indonesia | Sabtu, 14/07/2018 00:20 WIB
Piala Dunia 2022 di Qatar Digelar November-Desember (Presiden FIFA mengumumkan Piala Dunia 2022 di Qatar akan digelar mulai November. (REUTERS/Christian Hartmann)
Jakarta, CNN Indonesia -- FIFA resmi menetapkan Piala Dunia 2022 di Qatar akan dimulai pada 21 November hingga 18 Desember.

Selama beberapa edisi terakhir, ajang empat tahunan itu memang selalu dihelat pada Juni-Juli atau mengikuti kalender musim panas liga-liga top Eropa.

Keputusan ini diambil berdasarkan laporan kondisi cuaca di Qatar. Pada medio Juni-Juli, cuaca memasuki musim panas yang mencapai 41,3 derajat celsius.


"Tanggal untuk Piala Dunia sudah ditetapkan. Akan digelar di Qatar mulai 21 November hingga 18 Desember," kata Infantino seperti dikutip ESPN.

"Kompetisi di seluruh dunia sudah diberi informasi dan mereka harus menyesuaikan kalander liga mereka sebagai bentuk bentuk konsekuensinya."

Selain penetapan tanggal yang tidak biasa, Infantino juga memberikan sinyal kemungkinan penambahan peserta yang semula diikuti 32 tim menjadi 48 negara.

Qatar sendiri dikabarkan tetap bersikeras untuk menggunakan format 32 tim. Sebab, penambahan tim bisa berpengaruh terhadap jumlah venue pertandingan.

"Dalam beberapa bulan mendatang, kami akan bertemu dengan mereka dan mengambil keputusan. Untuk saat ini, akan dimainkan dengan 32 tim dan distribusi lokasi akan tetap seperti semula," ujarnya. (jun)