Babak Pertama, Timnas Indonesia U-19 Unggul 1-0 atas Thailand

Surya Sumirat, CNN Indonesia | Sabtu, 14/07/2018 16:21 WIB
Babak Pertama, Timnas Indonesia U-19 Unggul 1-0 atas Thailand Timnas Indonesia U-19 unggul 1-0 atas Thailand di babak pertama perebutan tempat ketiga Piala AFF U-19. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia U-19 unggul 1-0 atas Thailand U-19 dalam laga perebutan tempat ketiga Piala AFF U-19 2018 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (14/7)

Thailand memiliki peluang pertama melalui Pithak Phaphirom pada menit ketiga. Tetapi tendangan Phaphirom masih di atas mistar gawang.

Indonesia membalas peluang Thailand dengan tembakan dari Rafli Mursalim tapi masih bisa diblok kiper Nopphon Lakhonphon.


Tuan rumah Indonesia mengambil penguasaan bola di awal-awal babak pertama. Tim asuhan Indra Sjafri itu memainkan operan-operan pendek untuk menembus pertahanan Thailand.

Pada menit ketujuh Rafli Mursalim dijatuhkan Kritsana Daokrajai di kotak penalti, namun tidak ada penalti untuk Indonesia dari wasit Kaypaseth Phongsanit.

Timnas Indonesia U-19 memiliki banyak peluang cetak gol di babak pertama. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Menit ke-17 Indonesia kembali mendapat peluang emas. Hanya saja, untuk kesekian kalinya Rafli gagal menjadikan kesempatan itu menjadi gol. Mendapat umpan dari sisi kiri, tendangan Rafli bisa diblok dengan kaki oleh kiper Thailand.

Guna memancing lawan keluar dari wilayahnya, pemain-pemain Timnas Indonesia banyak memainkan bola di area pertahanan sendiri. Kedua tim masih belum bisa menciptakan gol hingga pertengahan babak pertama, meskipun saling memberikan ancaman.

Syahrian Abimanyu juga punya peluang cetak gol menit ke-25 usai memainkan umpan satu-dua dengan Todd Rivaldo. Hanya saja sepakan kaki kanan Abimanyu diblok bek Thailand.

Tendangan bebas Abimanyu menit ke-34 masih bisa ditangkap kiper lawan. Penantian Tim Merah Putih akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-35. Aksi individu Feby Eka Putra dari sisi kiri tidak bisa dibendung bek Thailand. Tendangan kaki kiri Feby pada menit ke-35 membuahkan gol setelah lebih dahulu membentur tiang kedua.

Indonesia sebenarnya lebih banyak menekan pertahanan Thailand. Hanya saja, pemain-pemain seperti Feby atau Witan kerap terlalu memaksakan permainan individu ketika memasuki kotak penalti lawan.

Pada menit-menit akhir babak pertama skuat Thailand lebih mendominasi permainan dan banyak memainkan bola di wilayah Indonesia. Sempat ada keributan antara pemain Indonesia dengan Thailand menjelang turun minum.

Keributan itu dimulai dengan kapten Thailand U-19 Sittichok Paso yang tampak sengaja ingin mencederai kepala Abimanyu. Todd Rivaldo yang berada di dekat Paso pun memukul bagian belakang leher pemain Thailand itu. Kartu kuning pun diberikan wasit kepada Todd Rivaldo, sementara Paso terbebas dari kartu kuning.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama, skor tetap 1-0 untuk keunggulan Timnas Indonesia U-19 berkat gol Feby Eka.

Susunan Pemain

Thailand: Nopphon Lakhonphon; Katitach Pranthi, Anusak Jaiphet, Nattawut Chootiwat, Pithak Phaphirom, Thirapak Pruengana, Kritsana Daokrajai, Sakunchai Saengthopho, Sittichok Paso, Matee Sarakum, Suphanat Mueanta.

Indonesia: M Aqil Savik; Rifad Marasabessy, Kadek Raditya, Nurhidayat Haji Haris, David Kevin Wato Rumakiek; M Luthfi Kamal, Witan Sulaeman, Syahrian Abimanyu, Todd Rivaldo Alberth Ferre; M Rafli Mursalim, Feby Eka Putra. (vws)