Prediksi Prancis vs Kroasia di Final Piala Dunia 2018

CNN Indonesia | Minggu, 15/07/2018 06:47 WIB
Timnas Prancis akan menghadapi Kroasia di final Piala Dunia 2018. Berikut prediksi jalannya laga tersebut. Timnas Prancis akan menghadapi tantangan Kroasia di babak final Piala Dunia 2018. (REUTERS/Michael Dalder)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Prancis akan menghadapi Belgia pada partai final Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Minggu (15/7). Berikut prediksi laga Prancis lawan Belgia.

Prancis bakal berusaha meraih trofi Piala Dunia kedua dalam sejarah mereka sementara Kroasia berusaha jadi negara terbaru yang bisa mengangkat trofi Piala Dunia.

Prancis melaju ke final setelah menaklukkan Belgia dengan skor 1-0 sedangkan Kroasia melangkah ke partai puncak setelah menang melalui babak tambahan atas Inggris.


Berikut prediksi Prancis vs Kroasia di final Piala Dunia 2018 menurut CNNIndonesia.com:


Kecepatan dan Stamina Untungkan Prancis (Haryanto Tri Wibowo)

Prancis saya unggulkan untuk merebut gelar Piala Dunia keduanya saat melawan Kroasia pada final Piala Dunia 2018. Pasalnya, Prancis punya persiapan yang lebih matang daripada Kroasia.

Stamina Kroasia sudah terkuras jelang final karena tiga kali bermain 120 menit di fase gugur. Kecepatan Prancis bisa membuat Kroasia kerepotan. Kaki-kaki lelah Kroasia saya prediksi sudah akan terlihat di babak kedua.

Daya tahan Kroasia akan mendapatkan ujian menghadapi Prancis.Daya tahan Kroasia akan mendapatkan ujian menghadapi Prancis. (REUTERS/Christian Hartmann)
Prancis akan bermain disiplin di sayap untuk mengantisipasi dua winger Kroasia, Ivan Perisic dan Ante Rebic. Kylian Mbappe dan Antoine Griezmann akan kembali menjadi penentu kemenangan Prancis. Les Blues saya prediksi akan menang 2-0 di final.

Prancis Juara Piala Dunia Setelah 20 Tahun (Ahmad Bachrain)

Timnas Prancia bakal bermain sangat disiplin menghadapi Kroasia. Lini tengah Prancis yang dikawal dua gelandang jangkar, Paul Pogba dan N'Golo Kante, bakal membuat Luka Modric dan kawan-kawan kesulitan untuk menembusnya.

Khusus untuk Kante, pemain Chelsea itu bakal lebih banyak memotong alur serangan Kroasia dari lini tengah dengan permainan tanpa kompromi dan stamina prima. Les Bleus juga akan membuat pertahanan Kroasia keteteran dengan dua winger mereka, Kylian Mbappe dan Blaise Matuidi, ditambah Antoine Griezmann yang kadang juga bermain melebar memberikan umpan-umpan silang berbahaya.

Kylian Mbappe akan merepotkan pertahanan Kroasia dengan kecepatan yang mereka miliki.Kylian Mbappe akan merepotkan pertahanan Kroasia dengan kecepatan yang mereka miliki. (Foto: REUTERS/Max Rossi)
Belum lagi Olivier Giroud, tetap menyimpan potensi untuk membobol gawang Kroasia meski striker itu belum satu pun mencetak gol. Vatreni tentu akan kesulitan mengantisipasi serangan-serangan Les Bleus yang bisa datang dari mana saja.

Prancis dengan stamina yang lebih bugar dibandingkan skuat negara Balkan itu saya prediksi akan menjadi juara Piala Dunia setelah 20 tahun. Mereka bakal menang 2-0 atas Kroasia.

Kroasia Gagal Cetak Sejarah (Surya Sumirat)

Timnas Prancis akan menjadi juara Piala Dunia 2018 dengan mengalahkan Kroasia di laga final. Hasil itu akan membuat Kroasia gagal cetak sejarah untuk menjuarai Piala Dunia kali pertama. Selain punya komposisi yang lebih baik, Prancis memiliki rapor pertemuan yang lebih bagus dibandingkan dengan Kroasia. Dari total lima pertemuan kedua tim, Prancis menang tiga kali dan dua kali imbang.

Kroasia punya peluang untuk mencetak sejarah sebagai juara dunia baru.Kroasia punya peluang untuk mencetak sejarah sebagai juara dunia baru. (Foto: REUTERS/Grigory Dukor)
Prancis juga punya kondisi yang lebih bugar dibandingkan dengan Kroasia. Karena itu juga pemain-pemain Prancis tidak ada yang memiliki masalah dengan kebugaran atau fisik. Sementara Kroasia harus bermain melebihi 90 menit dalam tiga laga di babak gugur, kondisi itu membuat pemain-pemain Vatreni kelelahan. Karena faktor-faktor itu Prancis bisa memenangi pertandingan dengan skor 2-1.

Prancis Juara Piala Dunia 2018 (Putra Permata Tegar Idaman)

Duel Prancis lawan Kroasia akan menjadi duel puncak di Piala Dunia 2018. Prancis bakal berusaha meraih trofi Piala Dunia kedua dalam sejarah sedangkan Kroasia akan mencoba meraih trofi pertama dalam sejarah mereka.

Antoine Griezmann bakal jadi andalan Prancis di final.Antoine Griezmann bakal jadi andalan Prancis di final. (Foto: REUTERS/Anton Vaganov)
Prancis punya keunggulan dari segi stamina karena mereka punya waktu istirahat satu hari lebih banyak. Selain itu, Les Bleus juga menjalani menit bermain 90 menit lebih sedikit dibandingkan yang dilakukan oleh Kroasia.

Dari skuat kedua tim, Prancis punya banyak pemain yang lebih berusia belia namun mereka sudah punya pengalaman tampil di final turnamen besar yaitu pada Piala Eropa 2016. Prancis akan mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 3-1 atas Kroasia.

Mbappe Bawa Prancis Menang 2-0 di Final (Nova Arifianto)

Wajar kiranya jika Prancis menjadi favorit dalam laga final Piala Dunia 2018. Dihuni individu-individu bertalenta dan tenar merupakan nasib baik bagi Didier Deschamps.

Tapi kualitas Kroasia juga tidak berbeda jauh ketimbang sang lawan. Keberhasilan mencapai final dengan rekam jejak mengalahkan dua negara favorit yang pernah menjadi juara dunia adalah bukti kualitas skuat Vatreni.

Kroasia melaju ke final dengan melewati dua adu penalti.Kroasia melaju ke final dengan melewati dua adu penalti. (REUTERS/Maxim Shemetov)
Lima gelandang pilihan Zlatko Dalic akan menemui lawan seimbang ketika menghadapi Prancis. Luka Modric dan Ivan Rakitic bakal beradu kebolehan dengan N'Golo Kante dan Paul Pogba.

Pada akhirnya sepak bola tak terelakkan dari faktor fisik. Kecepatan Kylian Mbappe dan Antoine Griezmann bisa mengacaukan koordinasi pertahanan yang letih dari Kroasia setelah bermain 360 menit selama lebih kurang 11 hari.

Prancis Angkat Trofi (Vetriciawizach)

Walaupun Kroasia mengatakan mereka masih memiliki energi untuk menghadapi Prancis, tapi fakta menunjukkan bahwa lima pemain mereka telah absen di sesi latihan karena kondisi kebugaran. Bahkan Kroasia memilih relaksasi ketimbang mengadakan sesi latihan demi menjaga kondisi fisik.

Dengan situasi seperti itu, mereka akan menghadapi lini tengah Prancis yang dihuni N'Golo Kante dan Paul Pogba, yang bukan hanya punya waktu istirahat satu hari lebih lama, tapi juga belum pernah menjalani babak pertambahan waktu.

Prancis bisa tetap menggunakan taktik mereka di semifinal yaitu lebih bertahan dan membiarkan Kroasia menguasai bola, lalu kemudian menyerang balik cepat untuk mencetak gol. Jika Prancis bisa menjaga gawang mereka di 15 menit awal tidak kebobolan, maka peluang mereka untuk merebut gelar juara dunia kedua sangat terbuka lebar. Prancis menang 2-1.
Prancis berambisi menebus kegagalan di final Piala Eropa 2016.Prancis berambisi menebus kegagalan di final Piala Eropa 2016. (Foto: REUTERS/Grigory Dukor)
Kroasia Genggam Trofi Piala Dunia 2018 (Jun Mahares)

Meski berstatus kuda hitam, namun Kroasia berhasil menumbangkan Inggris dengan kemenangan dramatis di semifinal. Vatreni sudah membuktikan diri sebagai salah satu tim terbaik, terlebih mampu bangkit meraih kemenangan 2-1 atas Inggris setelah tertinggal lebih dulu.

Prancis memang lebih diunggulkan menang di final setelah sukses mengubur mimpi generasi emas Belgia di semifinal. Namun, Les Bleus menuai banyak kritik lantaran memilih bermain bertahan untuk mengalahkan Belgia.

Sementara Kroasia selalu konsisten memeragakan permainan menyerang di sepanjang turnamen karena punya sederet pemain top seperti Luka Modric, Ivan Rakitic, Ivan Perisic, dan Mario Mandzukic. Saya prediksi Kroasia juara usai mengalahkan Prancis dengan skor minimal 2-1. (ptr/ptr)