Man of The Match

Eden Hazard, Kapten yang Tetap Berjuang di Laga Hiburan

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Minggu, 15/07/2018 01:56 WIB
Winger timnas Belgia Eden Hazard menunjukkan sebagai kapten yang berjiwa besar saat harus bermain dalam kekecewaan melawan Inggris di Piala Dunia 2018. Eden Hazard mengantar Belgia meraih posisi ketiga di Piala Dunia 2018. (REUTERS/Toru Hanai)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kapten timnas Belgia Eden Hazard menelan kekecewaan karena gagal ke final Piala Dunia 2018. Namun ia tetap berjuang sekuat tenaga di laga perebutan peringkat ketiga melawan Inggris di Stadion Saint Petersburg, Sabtu (!4/7).

Hazard dan generasi emas Belgia harus menelan kekecewaan setelah kalah tipis dari Prancis dengan skor 0-1 di babak semifinal. Kekalahan itu memupus mimpi Belgia menjadi juara Piala Dunia saat mereka tengah dikelilingi pemain-pemain terbaik.

Namun, Hazard tak lagi menunjukkan kekecewaan mendalam di laga hiburan. Sebagai kapten, Hazard paham bahwa ia bertanggung jawab mengangkat moral tim. Dan hal itu yang ia tunjukkan pada laga lawan Inggris.


Hazard terus antusias meminta bola. Menyisir sisi kiri pertahanan Inggris, berpindah posisi ke tengah untuk membingungkan John Stones dan kawan-kawan, serta aktif ikut bertahan.

Eden Hazard tetap antusias menjalani laga perebutan tempat ketiga.Eden Hazard tetap antusias menjalani laga perebutan tempat ketiga. (REUTERS/Anton Vaganov)
Gol cepat Belgia yang dicetak Thomas Meunier di menit ketiga menunjukkan gairah Belgia yang tetap menyala sejak awal laga. Mereka seolah sudah bisa melupakan kekalahan menyakitkan di babak semifinal.

[Gambas:Video CNN]

Pada menit ke-60, Roberto Martinez memutuskan menarik Romelu Lukaku dan menggantikannya dengan Dries Mertens. Hal itu otomatis membuat Belgia tak punya striker murni di 30 menit tersisa.

Eden Hazard dan kawan-kawan mendapatkan hasil terbaik sepanjang sejarah sepak bola Belgia di Piala Dunia.Eden Hazard dan kawan-kawan mendapatkan hasil terbaik sepanjang sejarah sepak bola Belgia di Piala Dunia. (REUTERS/Anton Vaganov)
Hazard lalu lebih aktif bergerak di kotak penalti lawan dan memasrahkan aliran serangan diatur oleh Kevin De Bruyne dan gelandang-gelandang Belgia lainnya.

Belgia lalu memberikan jawaban bahwa mereka juga tetap bisa tajam saat Lukaku tak ada di lapangan. Pada menit ke-80, umpan terobosan Kevin De Bruyne bisa diterima oleh Hazard yang langsung melesat dan menaklukkan Jordan Pickford dari jarak dekat.

Gol Hazard ini yang jadi peluru mematikan bagi Inggris. Sebelum gol Hazard, Inggris tengah gigih berjuang menekan Belgia dan mencari gol penyama kedudukan. Selepas gol Hazard, Inggris sadar bahwa mereka tak punya lagi punya cukup waktu untuk mencari dua gol di sisa laga.

Eden Hazard, Kapten yang Tetap Berjuang di Laga Hiburan
Hazard dan kawan-kawan akhirnya sukses menyandang status tim terbaik Belgia sepanjang masa bila didasarkan pada torehan prestasi di Piala Dunia. Sebelum keberhasilan meraih posisi ketiga di Piala Dunia 2018, catatan terbaik Belgia adalah peringkat keempat pada Piala Dunia 1986. (har)