Pele Mulai Terancam Rekor Mbappe di Piala Dunia

Ahmad Bachrain, CNN Indonesia | Senin, 16/07/2018 21:08 WIB
Pele Mulai Terancam Rekor Mbappe di Piala Dunia Kylian Mbappe meraih penghargaan pemain muda terbaik di Piala Dunia 2018. (REUTERS/Kai Pfaffenbach)
Jakarta, CNN Indonesia -- Legenda sepak bola Brasil, Pele, merasa mulai terancam dengan rekor yang berhasil dipecahkan penyerang muda timnas Prancis, Kylian Mbappe, di Piala Dunia 2018.

Mbappe saat ini sudah bisa disejajarkan dengan Pele dan Giuseppe Bergomi sebagai pemain termuda yang sukses membawa negaranya juara Piala Dunia pada laga debutnya tersebut.

Pemain kelahiran 20 Desember 1998 itu sukses merengkuh trofi paling bergengsi di dunia tersebut saat usianya belum genap 20 tahun.


Pele Mulai Terancam Rekor Mbappe di Piala Dunia
Mbappe bahkan terpilih sebagai pemain muda terbaik dalam gelaran Piala Dunia di Rusia tersebut usai Prancis dinobatkan sebagai juara. Les Bleus meraih trofi setelah mengalahkan Kroasia dengan skor 2-4 pada laga final di Stadion Luzhniki, Minggu (15/7).

Pele menjadi pemain tersukses di Brasil yang meraih tiga Piala Dunia secara beruntun sejak 1958. (Pele menjadi pemain tersukses di Brasil yang meraih tiga Piala Dunia secara beruntun sejak 1958. (AFP PHOTO / ADRIAN DENNIS)
Dalam akun Twitternya, Pele menuliskan ikut merasa terancam dengan torehan individu sang pemain muda dari Paris Saint Germain tersebut. Ia khawatir Mbappe bahkan bisa melampaui rekornya.

"Jika Kylian Mbappe terus menyamai rekor saya seperti ini, saya harus membersihkan sepatu bola saya [untuk bermain lagi]," demikian Pele yang tampil membela Brasil dalam tiga edisi Piala Dunia.

Pele sukses membawa Brasil juara Piala Dunia pada debutnya di edisi 1958 di Swedia. Pele yang saat itu masih berusia 17 tahun berhasil mencetak dua gol ketika Brasil mengalahkan Swedia 5-2 di partai final Piala Dunia 1958.

Pele saat ini masih tercatat sebagai satu-satunya mantan pemain tersukses di Brasil yang meraih tiga trofi Piala Dunia 1958, 1962, dan 1970. Bukan tidak mungkin pula Mbappe menyamai rekor Pele tersebut mengingat usianya yang masih muda.

Sementara Bergomi masih berusia 19 tahun dan ikut menjadi bagian dari sejarah Italia memenangi Piala Dunia 1982. Saat itu Gli Azzurri menang 3-1 dari Jerman Barat.

Dilansir Eurosport, sebenarnya ada lima remaja lainnya yang sukses mencicipi gelar juara di Piala Dunia. Hanya saja mereka tak mendapat kesempatan bermain di laga final.

Mereka adalah, pemain muda Uruguay Ruben Moran (1950), dan empat remaja Brasil: Mazzola (1958), Coutinho (1962), Marco Antonio (1970), dan Ronaldo Luiz Nazario (1994). (arh)