Selain Bantuan Renovasi, Lalu Zohri Juga Dapat Rumah Baru

Ahmad Bachrain, CNN Indonesia | Selasa, 17/07/2018 01:20 WIB
Selain Bantuan Renovasi, Lalu Zohri Juga Dapat Rumah Baru Lalu Muhammad Zohri dapat rumah baru dari Pemerintah RI. (Dok. KBRI Helsinki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lalu Muhammad Zohri mendapat rumah baru sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Republik Indonesia atas prestasi membanggakan sprinter asal Nusa Tenggara Barat (NTB) itu.

Nama sprinter 18 tahun itu mendadak tenar setelah ia berhasil meraih medali emas di Kejuaraan Atletik Dunia U-20 di Finlandia. Ia berhasil menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 10,18 detik.

Rumah yang diberikan kepada Lalu Zohri di luar dari bantuan pemerintah terhadap renovasi rumah yang merupakan peninggalan mendiang kedua orang tuanya di Lombok, NTB. Pihak keluarga Lalu Zohri memang tidak ingin rumah tersebut dirombak total karena merupakan warisan dari orang tua.


Lalu Zohri Dapat Rumah Baru Selain Bantuan Renovasi
Renovasi pun dilakukan dengan hanya mengganti kayu-kayu, tembok anyaman bambu, dan genting-genting dengan yang baru, serta penambahan kamar mandi dalam perbaikan tersebut.

Untuk itu, pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri, memberikan rumah baru bagi Lalu Zohri di Lombok. Rumah yang terletak kompleks Taman Bangsal Residence, Lombok Utara, termasuk cukup mewah di Lombok.

Sejumlah personel Tentara Nasional Indonesia ikut merenovasi rumah Lalu Muhammad Zohri. (Sejumlah personel Tentara Nasional Indonesia ikut merenovasi rumah Lalu Muhammad Zohri. (Foto: Dok. Puspen TNI)
Dikutip dari laman Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan hadiah rumah tersebut sebagai ucapan terima kasih kepada Lalu Zohri yang telah mengharumkan nama bangsa di ajang internasional tersebut.

"Ungkapan rasa bangga dan apresiasi kepada Saudara Zohri atas prestasi dunianya yang membawa nama harum Indonesia, Keluarga besar staf Kemendagri memberikan apresiasi kepada Saudara Zohri sebuah rumah di Bangsal Regency, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara," kata Tjahjo seperti dikutip dari situs resmi Setkab RI.

Tjahjo mengatakan rumah untuk Lalu Zohri akan diserahkan secara simbolis kepada pelari muda tersebut saat kembali ke Indonesia, Selasa (17/7).

Pihak Kemenpora juga sudah menyiapkan rencana penyambutan kepulangan Lalu Zohri di Bandara Internasional Soekarno Hatta. (nva)