Rahasia 'Tetap Muda' Valentino Rossi

Haryanto Tri Wibowo, CNN Indonesia | Selasa, 17/07/2018 11:48 WIB
Rahasia 'Tetap Muda' Valentino Rossi Valentino Rossi tetap kompetitif di MotoGP pada usia 39. (REUTERS/Fabrizio Bensch)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebalap veteran MotoGP, Valentino Rossi, mengungkapkan rahasia 'tetap muda' setelah berhasil meraih podium MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring, Minggu (15/7).

Rossi finis posisi kedua pada balapan MotoGP Jerman setelah dikalahkan pebalap Repsol Honda Marc Marquez. Itu adalah podium ke-232 Rossi sepanjang kariernya di Grand Prix atau ke-196 di kelas primer (500cc/MotoGP).

Di usia 39, Rossi merupakan pebalap tertua yang sukses meraih podium di MotoGP. Dikutip dari Marca, Rossi mengungkapkan rahasia untuk 'tetap muda' di atas lintasan MotoGP. Rossi mengaku mendapat saran dari manajernya, Alberto Tebaldi.


"Tebaldi memberi saya masukan: "Kamu harus berpikir 10 tahun lebih muda. Di usia 39, kamu bisa senang jika hanya finis posisi kelima". Saya berpikir yang sama," ujar Rossi.

Valentino Rossi sukses meraih podium MotoGP Jerman setelah finis kedua.Valentino Rossi sukses meraih podium MotoGP Jerman setelah finis kedua. (REUTERS/Fabrizio Bensch)
Rossi dipastikan akan membalap di MotoGP hingga 2020, atau di saat usianya 41. Juara dunia kelas primer tujuh kali itu tetap yakin bisa tampil kompetitif hingga kontrak bersama Movistar Yamaha berakhir.

"Sebenarnya, saya merasa sangat bagus secara fisik. Saya menjalani hidup yang biasa dan sering latihan," ucap Rossi.

Valentino Rossi dikalahkan Marc Marquez pada balapan MotoGP Jerman.Valentino Rossi dikalahkan Marc Marquez pada balapan MotoGP Jerman. (REUTERS/Fabrizio Bensch)
"Saya sadar tahun lalu, ketika kaki saya cedera sebelum balapan di Misano, dibutuhkan waktu yang lebih sebentar untuk pulih daripada sepuluh tahun lalu ketika saya memiliki cedera yang sama. Kondisi itu membuat saya percaya diri," sambung Rossi.

Hasil di MotoGP Jerman membuat Rossi kini menduduki peringkat dua di klasemen sementara MotoGP 2018 dengan torehan 119 poin. Rossi tertinggal 46 poin dari Marquez.

MotoGP 2018 akan berlanjut pada balapan MotoGP Republik Ceko, 5 Agustus mendatang. Balapan MotoGP Ceko bisa disaksikan secara live streaming di CNNIndonesia.com. (sry)


BACA JUGA