6 Pemain yang Bisa Berganti Klub Usai Piala Dunia 2018

Surya Sumirat, CNN Indonesia | Selasa, 17/07/2018 20:21 WIB
6 Pemain yang Bisa Berganti Klub Usai Piala Dunia 2018 Kasper Schmeichel masuk dalam bursa transfer di musim panas ini usai gemilang di Piala Dunia 2018. (REUTERS/Marcos Brindicci)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah pemain bisa berganti klub pada bursa transfer musim panas ini usai tampil menawan di Piala Dunia 2018 yang digelar di Rusia.

Baik pemain yang habis kontraknya pada musim lalu atau masih memiliki kerja sama dengan klub berpotensi pindah di musim depan setelah melewati pengalaman di Piala Dunia 2018.

Turnamen-turnamen besar seperti Piala Dunia atau Piala Eropa kerap menjadi media bagi sejumlah pemain untuk berganti klub pada musim berikutnya.


Pelatih atau pemandu bakat klub-klub besar Eropa pun tidak jarang memantau para pemain tersebut dari turnamen. Sebab, dari turnamen itu pemain-pemain yang sebelumnya kurang dikenal justru memperlihatkan kualitas terbaiknya.

Berikut enam pemain yang berpotensi berganti klub usai Piala Dunia 2018 dikutip dari berbagai sumber:

1. Kasper Schmeichel

Kasper Schmeichel mementahkan tendangan penalti Luka Modric pada babak tambahan.Kasper Schmeichel mementahkan tendangan penalti Luka Modric pada babak tambahan waktu. (REUTERS/Carlos Barria)
Kasper Schmeichel sebenarnya masih memiliki kontrak dengan Leicester City hingga 2021 mendatang. Di Piala Dunia 2018 Schmeichel berada di peringkat ketiga sebagai kiper yang paling banyak melakukan penyelamatan (21), di bawah Thibaut Courtois dan Guillermo Ochoa.

Usai Piala Dunia Schmeichel layak bermain di klub yang lebih besar. Setelah mengabaikan Liverpool, Schmeichel bisa saja gabung Chelsea atau AS Roma. Schmeichel dapat menjadi alternatif bagi The Blues jika kehilangan Courtois yang hengkang ke Real Madrid, atau bagi Roma sebagai pengganti Alisson Becker yang mungkin pindah ke Liverpool.

2. Domagoj Vida

Domagoj Vida benteng kokoh milik timnas Kroasia.Domagoj Vida benteng kokoh milik timnas Kroasia. (REUTERS/Carl Recine)
Domagoj Vida merupakan salah satu figur penting bagi kesuksesan Kroasia menjadi runner-up Piala Dunia 2018. Bek 29 tahun itu tampil dalam enam pertandingan bersama Vatreni dengan mencetak satu gol.

Liverpool disebu-sebut tertarik dengan pemain yang masih memiliki kontrak hingga 2022 dengan Besiktas itu. Tetapi, dua klub La Liga, Sevilla dan Atletico Madrid juga tengah melakukan pemantauan untuk membuat penawaran terhadap Vida.

3. Ante Rebic

Ante Rebic mulai dikaitkan dengan Manchester United.Ante Rebic (kanan) mulai dikaitkan dengan Manchester United. (REUTERS/Damir Sagolj)
Selain Vida, Ante Rebic sukses memberikan gairah baru di lini serang Kroasia. Rebic memiliki mobilitas tinggi untuk bermain di kedua sayap. Pemain 24 tahun itu mengoleksi satu gol dari lima pertandingan di Piala Dunia tahun ini.

Dikutip dari Bleacher Report, gaya bermain Rebic yang cepat cocok dengan Liga Primer Inggris. Manchester United pun dikaitkan dengan winger Eintrach Frankfurt ini yang masih memiliki kontrak hingga 2021 dengan klub Bundesliga itu.

4. Aleksandr Golovin

6 Pemain yang Bisa Berganti Klub Usai Piala Dunia 2018Aleksandr Golovin (kiri) merupakan motor permainan timnas Rusia di Piala Dunia 2018. (REUTERS/Kai Pfaffenbach)
Nama Aleksandr Golovin menjadi salah satu properti panas di bursa transfer musim ini. Gemilangnya penampilan Rusia di Piala Dunia 2018 salah satunya karena faktor Golovin di sektor tengah permainan. Dari empat penampilan Golovin mencetak satu gol.

Gelandang 22 tahun itu memiliki akurasi operan yang bagus, dari 132 operan 102 di antaranya operan sukses. Dengan usianya yang masih muda, Golovin bisa jadi aset yang bagus. Chelsea merupakan salah satu peminat bagi pemain CSKA Moscow ini.

5. Thomas Meunier

Thomas Meunier (kanan) mencetak satu gol dan memberikan dua assist di Piala Dunia 2018.Thomas Meunier (kanan) mencetak satu gol dan memberikan dua assist di Piala Dunia 2018. (REUTERS/Murad Sezer)
Thomas Meunier merupakan salah satu pemain tangguh di Piala Dunia 2018. Pemain 26 tahun itu sejatinya berposisi sebagai bek, tetapi penggunaan tiga pemain belakang oleh Roberto Martinez membuat Meunier didorong sedikit ke depan sebagai bek sayap.

Perubahan formasi itu justru membuat kualitasnya kian terlihat. Meunier rajin membantu serangan dan juga pertahanan timnas Belgia. Dari lima penampilan, Meunier mencetak satu gol dan memberikan dua assist. Kehadiran Dani Alves membuat posisi Meunier di Paris Saint-Germain sedikit tersisih.

Dengan begitu, pindah klub bisa menjadi opsi bagi Meunier untuk menjaga kualitas permainannya. Barcelona merupakan salah satu tim yang siap menampung pemain kelahiran Sainte-Ode itu. Selain itu, ada juga Manchester United yang kerap dikaitkan dengan Meunier setiap jendela transfer dibuka.

6. Juan Quintero


Juan Quintero merupakan senjata baru timnas Kolombia. Ketika James Rodriguez absen atau tidak dalam kondisi fit, Quintero memberi angin segar bagi pelatih Jose Pekerman.

Quintero baru saja mengakhiri peminjamannya di River Plate dari FC Porto. Dengan permainannya yang sudah terbukti di Piala Dunia, gelandang serang 25 tahun ini diklaim berpeluang besar gabung Tottenham Hotspur. Hengkangnya Cristiano Ronaldo ke Madrid juga membuka peluang klub raksasa La Liga itu merekrut Quintero. (sry/bac)