Tebas: Ronaldo ke Juventus Demi Raup Uang Lebih Banyak

Surya Sumirat, CNN Indonesia | Kamis, 19/07/2018 11:24 WIB
Tebas: Ronaldo ke Juventus Demi Raup Uang Lebih Banyak Cristiano Ronaldo diklaim pindah ke Liga Italia karena ingin mendapatkan banyak uang. (REUTERS/Sergio Perez)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden La Liga Spanyol, Javier Tebas, menyebut alasan utama Cristiano Ronaldo meninggalkan Real Madrid untuk gabung Juventus di bursa transfer musim panas ini karena ingin meraup lebih banyak uang.

Tebas menilai kepindahan pemain berjuluk CR7 itu ke Juventus salah satunya karena nilai pajak di Spanyol. Tingginya pajak di Spanyol memengaruhi penghasilan Ronaldo di Real Madrid.

"Dia [Ronaldo] akan mendapatkan lebih banyak uang dibanding di sini [Spanyol]. Saya pikir masalah keuangan itu alasan utama dia pergi ke Italia," ujar Tebas dikutip dari Marca.


Selain karena nilai pajak, Cristiano Ronaldo juga meninggalkan Spanyol karena ingin terhindar dari masalah pajak di negara tersebut.

Dalam dua tahun terakhir kerap muncul pemberitaan tentang pemain kelahiran Madeira, Portugal, itu yang terbelit masalah pajak di Spanyol.

Cristiano Ronaldo gabung dengan Juventus untuk kontrak empat tahun.Cristiano Ronaldo gabung dengan Juventus untuk kontrak empat tahun. (REUTERS/Massimo Pinca)
Pada 2017 mantan pemain Manchester United itu dituduh menggelapkan pajak atas hak citra miliknya sebesar Rp219 miliar antara tahun 2011 hingga 2014. Lalu pada 2018 lalu Cristiano Ronaldo dituduh menggelapkan pajak Rp241 miliar.

"Di sini di Spanyol kami memiliki masalah dengan persaingan fiskal. Selain sebagai liga terbesar, Spanyol adalah tempat di mana para pemain memiliki situasi pajak paling buruk," Tebas menuturkan.

"Itu bukan karena di tempat lain memiliki angka yang lebih rendah, tetapi ketika Anda mendapatkan jumlah yang signifikan lalu ada sedikit perbedaan dalam nilai ini diterjemahkan menjadi banyak uang bagi para pemain," Tebas menambahkan.

Cristiano Ronaldo pindah ke Juventus dengan banderol €100 juta atau setara Rp1,68 triliun. Bersama Si Nyonya Tua Ronaldo mendapat kontrak untuk empat tahun ke depan hingga 2022 mendatang. (bac)