Indra Sjafri: Egy Maulana Ada di Langit pun Saya Akan Panggil

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Kamis, 19/07/2018 20:01 WIB
Indra Sjafri: Egy Maulana Ada di Langit pun Saya Akan Panggil Egy Maulana Vikri wajib membela Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2018. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri memastikan akan tetap memanggil Egy Maulana Vikri di Piala Asia U-19 2018 meski tengah merintis karier bersama klub Polandia Lechia Gdansk.

Menurut Indra, keberadaan Egy Maulana bersama Lechia Gdansk di Polandia semata-mata untuk kepentingan Timnas Indonesia. Artinya, Egy Maulana harus bersedia datang jika dipanggil memperkuat tim Merah Putih.

"Dia (Egy Maulana) bermain di klub mana pun, ujungnya untuk tim nasional. Saat negaranya memanggil, dia harus datang tak bisa menolak. Mau di langit pun akan saya panggil dia," kata Indra di Jakarta, Kamis (19/7).


Indra Sjafri: Egy Maulana Ada di Langit pun Saya Akan PanggilEgy Maulana Vikri tengah merintis karier di Liga Polandia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Pelatih berdarah Minang itu tidak ingin jika kehadiran Egy Maulana mendadak seperti saat tampil di Piala AFF U-19 2018 pekan lalu. Kala itu, Egy bergabung dua hari sebelum tampil di babak semifinal.

"Saya juga akan kirim jadwal program ke pelatihnya Lechia Gdansk nanti, kapan dan di mana dia akan bergabung. Walaupun bentrok (dengan jadwal liga di Polandia) tapi di statuta FIFA dia wajib hadir dua minggu sebelum turnamen," ujar Indra Sjafri.

Tak Ada TC Jangka Panjang

Timnas Indonesia U-19 dipastikan tidak akan melakoni pemusatan latihan (TC) jangka panjang jelang persiapan menuju Piala Asia U-19, mulai 18 Oktober sampai 4 November mendatang.

"Jadi istilahnya bukan TC jangka panjang tapi pemusatan latihan yang saya kemarin minta ke PSSI secara teknis itu enam pekan sebelum turnamen harus ada TC," kata Indra.

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri.Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
Namun, karena tidak semua pemain Timnas Indonesia U-19 tampil sebagai pemain inti di klub masing-masing, tim pelatih akan membuat program pemusatan latihan khusus di luar pemain reguler.

"Kalau dia terjamin main di kompetisi, saya akan biarkan (pemain tampil bersama klub). Nanti enam minggu sebelum Piala Asia, mereka baru akan bergabung," ungkapnya.

Dari 24 nama pemain yang sebelumnya dipanggil ke Timnas Indonesia U-19, hanya dua nama yang sampai saat ini tidak bergabung dengan klub manapun. Adalah Witan Sulaeman yang saat ini masih sekolah di Sekolah Olahraga Ragunan dan Juliano Pratomo.

Selebihnya merupakan pemain yang cukup mendapatkan ruang bermain di klubnya masing-masing. Seperti Saddil Ramdani di Persela Lamongan, Febby Eka Putra dan Hanis Shagara di Bali United serta Todd Rivaldo Ferre di Persipura. (jun/har)