PB PASI Harap Juara Lompat Jauh di Malaysia Ikuti Jejak Zohri

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Minggu, 22/07/2018 03:01 WIB
PB PASI Harap Juara Lompat Jauh di Malaysia Ikuti Jejak Zohri Ahmad Ambali Sukur diharapkan bisa mengikuti jejak Lalu Muhammad Zohri. (Screenshot via instagram @ahmad_sukur17)
Jakarta, CNN Indonesia -- PB PASI berharap atlet lompat jauh Indonesia Ahmad Ambali Sukur yang sukses menjuarai ASEAN Shool Games 2018 bisa mengikuti jejak juara dunia U-20 lari 100 meter, Lalu Muhamad Zohri.

Ahmad berhasil menjadi penyumbang medali emas pertama Indonesia di kejuaraan yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (21/7). Atlet asal Bangka Belitung tersebut sukses mencatat rekor lompatan terbaik yakni 7,65 meter.

Dalam kejuaraan ini, Ahmad unggul atas atlet Malaysia Muhammad Nazri bin Mustafa (7,52 meter) dan atlet Thailand Nattapong Srinota (7,01 meter).


"Kejuaraan ASEAN School Games, yang ikut atlet yang masih pelajar. Usianya baru 17 tahun atau kelas 2 SMA. Dengan lompatan tersebut, prestasi Ahmad cukup menjanjikan," kata Sekretaris Umum PB PASI Tigor Tanjung kepada CNNIndonesia.com.

Catatan waktu Ahmad ini memecahkan rekor nasional junior dan remaja cabang olahraga atletik nomor lompat jauh. Sebelumnya rekor nasional lompat jauh untuk level remaja dan junior dipegang Noval yakni 7,29 meter dan 7,59 meter.

"Lompatannya [Ahmad] sudah cukup baik," ucap Tigor.

Lalu Muhammad Zohri mendadak tenar setelah meraih memenangi lari 100 meter di kejuaraan dunia u-20.Lalu Muhammad Zohri mendadak tenar setelah meraih memenangi lari 100 meter di kejuaraan dunia u-20. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Atas prestasi Ahmad, Tigor berniat memanggil pemuda itu ke pemusatan latihan nasional (Pelatnas) di Jakarta. Ia ingin Ahmad mendapat penanganan yang lebih baik.

"Kami bisa kirim dia ke negara tertentu untuk berkompetisi. Saya sudah berbicara dengan dia dan selanjutnya kami juga perlu berkomunikasi dengan orang tuanya," ujar Tigor.

"Setelah ASEAN School Games, Ahmad bisa dipersiapkan untuk SEA Games tahun depan. Akan tetapi, sebelum itu ada Kejuaraan Regional. Kami bisa ikut sertakan dia," ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, Tigor berharap Ahmad bisa lebih fokus menekuni olahraga lompat jauh.

"Dia [Ahmad] juga pasti sudah lihat Indonesia punya juara dunia baru di cabang olahraga atletik yaitu Lalu Muhammad Zohri. Jadi bukan tidak mungkin atletik memiliki juara dunia yang lain di masa mendatang," katanya melanjutkan.

Zohri merupakan pelari yang baru saja menjadi juara dalam Kejuaraan Dunia Atletik Junior U-20 di Tempere lewat nomor 100 meter. Catatan waktu dia menjadi yang terbaik yakni 10.24 detik.

(jun/arh)